Yuk Ketahui Sejarah Pasar Saham Indonesia

Yuk Ketahui Sejarah Pasar Saham Indonesia

Bisnis saham menjadi salah satu bisnis yang paling banyak di minati saat ini, karena selain menguntungkan bisnis saham juga tidak memakan banyak waktu. Namun tidak lengkap rasanya jika kamu tertarik berbisnis saham, tapi tidak mengetahui sejarah saham itu sendiri, nah di artikel kali ini kita akan bahas sejarah pasar saham di Indonesia.

Pasar saham sendiri sudah ada sejak jaman Belanda, tepatnya pada tahun 1912 di kota Batavia atau yang saat ini lebih kita kenal dengan nama Jakarta. Pada masa itu pasar saham di gunakan oleh Belanda untuk memperdagangkan saham perusahaan Belanda di Indonesia terutama yang bergerak pada bidang perkebunan, pertambangan dan jasa. 

Akibat dari perang dunia pertama dan kedua yang berefek pada kondisi politik dunia ,sehingga membuat pasar saham pada saat itu sering sekali mengalami penutupan sementara, dan pada masa itu juga pasar saham sangat memiliki peluang pertumbuhan yang sangat kecil. Lalu pasar saham di buka kembali di Indonesia pada tahun 1952, namun terbengalai sampai tahun 1977. 

Dan pada tahun 1977 itulah pasar saham baru di buka resmi oleh Presiden Suharto dan di kenal sebagai Bursa Efek Jakarta. Lalu selanjutnya pada tanggal 1 April 1983 Bursa Efek Jakarta memperkenalkan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) sebagai indikator pergerakan harga saham pada pasar saham Indonesia. Namun sayangnya pasar saham tetap masih belum menjadi pilihan para investor untuk berinvestasi, hal tersebut di sebabkan maih sedikitnya perusahaan yang terdaftar di pasar saham indonesia.

Lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan yang di sebut “Paket Desember 1987” dan “Paket Desember 1988” , kedua paket tersebut berisikan tentang pemberian wewenang lebih besar bagi lembaga penunjang pasar modal dan yang paling utama adalah  diijinkanya investor asing untuk berinvestasi di indonesia. Dan hal tersebut terbukti ampuh untuk membangkitkan pasar saham indonesia, kebangkitan pasar saham tersebut di tandai dengan di dirikanya (BES) Bursa Efek Surabaya, lalu mulai banyak perusahaan yang terdaftar

Pasar sahampun tumbuh dengan luar biasa pada saat itu, dan puncak keemasanya terjadi pada tahun 1997 ketika IHSG berhasil mencapai level 750 lalu kemudian jatuh hingga level 300 akibat dari krisis ekonomi pada tahun 1998. Dan membutuhkan kurun waktu 5 tahun untuk pemulihanya dimana pada saat itu IHSG mampu menembus level 800 pada tahun 2004. Hingga kini pasar saham masih terus tumbuh seiring dengan dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Nah itulah sejarah singkat tentang pasar saham di indonesia, semoga menambah pengetahuan kamu tentang saham ya..

Kamu juga bisa loh belajar tentang saham melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: