Seberapa Pentingnya Deviden Untuk Investor Saham?

Seberapa Pentingnya Deviden Untuk Investor Saham?

Deviden merupakan pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan presentase atau banyaknya saham yang dimiliki. 

Terkadang apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan keinginan kita, contohnya kita membeli saham yang kinerjanya bagus dan berharap mendapat keuntungan dari saham tersebut dalam 1 tahun ke depan, namun tanpa kita sangka saham tersebut mengalami penurunan sehingga kita tidak mendapatkan keuntungan seperti yang kita harapkan, dengan kata lain walaupun kita berinvestasi dalam saham yang memiliki kenerja bagus kemungkinan rugi tetap masih ada. 

Nah disinilah deviden berperan, deviden dapat membantu mengatasi kerugian akibat penurunan harga, bukan hanya itu saja masih banyak pentingnya deviden bagi investor saham diantaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan Keuntungan

    Deviden sangat penting bagi investor, karena deviden mampu meningkatkan keuntungan yang di peroleh seorang investor. Dengan menperoleh deviden investor mendapatkan keuntungan di luar profit yang di dapat.
  • Mengatasi Resiko Kerugian

    Saat kamu mengalami kerugian dan profit belum dapat kamu realisasikan akibat penurunan harga, maka dengan deviden kamu dapat mengatasi kerugian yang terjadi akibat penurunan harga tersebut. Dan tentunya semakin banyak lot yang kamu punya maka akan semakin besar deviden yang akan kamu dapat.
  • Mengevaluasi Kondisi Ekuitas Suatu Perusahaan 

    Deviden kerap menjadi alat pengukur untuk mengevaluasi ekuitas, di bandingkan rasio P/E, deviden lebih di percaya. Dengan melihat riwayat deviden perusahaan, kamu dapat menilai bagaimana tingkat pertumbuhan dan keuntungan perusahaan dari tahun ke tahun, dengan begitu kamu bisa mengetahui seberapa kuat dan seberapa besar ekuitas perusahaan tersebut.

Ada penelitian menujukan bahwa perusahaan yang membayar deviden lebih unggul di banding perusahaan yang tidak memberikan deviden dalam dinamika periode pasar yang fluktuatif.

Kamu juga bisa belajar tentang saham melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau kamu juga bisa order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: