Pentingnya Money Management Dalam Saham

Pentingnya Money Management Dalam Saham

Money Management sangat penting bagi seorang trader, karena dengan money management seorang trader dapat menghasilkan hasil yang optimal dalam trading saham.

Money management adalah kemampuan untuk mengukur modal pada saat melakukan pembelian. Dengan money management seorang trader pemula mempunyai waktu untuk mempelajari kondisi pasar tanpa takut tumbang sebelum berperang.

Fungsi money management sendiri adalah untuk melindungi dari kerugian yang terlalu besar karena kesalahan yang kita lakukan. Dan prinsip dari money management adalah ” Ketika rugi, kita rugi sedikit dan ketika untung kita untung banyak “. Adapun strategi dalam money management adalah sbg:

  • Stoploss

     

    Stoploss digunakan untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham lebih rendah dari pada harga pembelian, ini digunakan untuk membatasi ahan potensi kerugian yang lebih besar. Idealnya level pada stoploss adalah 3-5% dari harga pembelian.
  • Averaging

     

    Averaging digunakanuntuk membatasi kerugian dengan cara membeli kembali di harga terendah dengan jumlah lot yang sama pada pembelian awal untuk mengambil rata-rata harga ketika harga saham turun.
  • Swiching

     

    Swiching adalah cara untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham ketika harganya turun dan mengantinya dengan membeli saham yang emitenya lebih aman.
  • Short Sell

     

    Short sell adalah cara untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham ketika harganya turun serta menunggu untuk membeli kembali sampai pada saat harga saham tersebut mulai rebound (emiten yang sama).

Nah itulah sedikit pengertian tentang money management. Kamu juga bisa belajar tentang saham melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau kamu juga bisa order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: