Mau Investasi Saham? Yuk Kenali Apa itu Saham dan Jenis-jenisnya

Mau Investasi Saham? Yuk Kenali Apa itu Saham dan Jenis-jenisnya

Apa itu investasi saham?

SahamPemula.com –  Tentu banyak dari kita yang pernah dengar atau bahkan sering mendengar investasi saham namun tidak tahu dan tidak mengerti sebenarnya apa itu investasi saham. Saham adalah salah satu jenis investasi yang sangat menarik dan banyak digunakan saat ini. Saham menjadi alternatif investasi dengan menawarkan keuntungan yang tinggi dibanding dengan jenis investasi yang lain.

Nah, pada artikel ini SahamPemula.com akan membahas mengenai belajar investasi saham bagi pemula.

Sebelum membahas lebih lanjut kamu perlu tahu dulu arti apa itu saham. Saham adalah surat berharga yang menunjukan kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan. Saham merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh emiten atau perusahaan penerbit dimana pemegang saham dapat dikatakan sebagai salah satu pemilik perusahaan.

Meskipun hanya memiliki 1 lot saham atau 100 lembar saham, kamu tetap dianggao sebagai pemilik sah suatu perusahaan.

Wujud dari saham ialah berupa lembaran kertas yang berisikan pernyataan bahwa pemegang surat tersebut (saham) ialah pemilik atas perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Namun saat ini, surat berharga saham yang diterbitkan suatu perusahaan sudah tidak lagi berbentuk fisik kertas melainkan paperless yang berbentuk elektronik. Kamu bisa melakukan investasi saham melalui online dan tanda buktinya berupa elektronik.

DAPATKAN EBOOK SAHAM GRATISS!

Setelah mengetahui apa itu investasi saham mari kita lanjutkan dengan belajar mengenai jenis-jenis saham. Saham terdiri dari 2 jenis yaitu saham biasa dan saham preferen. Perusahaan dapat menerbitkan 1 jenis saham atau keduanya. Mari kita bahas kedua jenis saham tersebut :

Saham Biasa

Saham biasa ialah jenis saham yang biasa diterbitkan oleh perusahaan atau emiten dimana pemilik saham akan menanggung baik resiko kerugian maupun keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Jadi, ketika perusahaan mengalami keuntungan maka pemilik saham berhak atas deviden begitu juga ketika perusahaan mengalami kerugian maka pemilik saham juga akan menanggung kerugian dan tidak menerima deviden.

Pemilik saham biasa memiliki hak suara dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

Secara umum saham biasa memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Memiliki hak suara pemegang saham dalam RUPS dan dapat memilih dewan komisaris.
  2. Mendapatkan hak yang didahulukan.
  3. Tanggung jawabnya terbatas hanya untuk jumlah yang diberikannya saja.

 

Saham Preferen

Saham preferen merupakan jenis saham dimana pemilik sahamnya memiliki hak keistimewaan terutama dalam pembayaran deviden dibandingkan dengan saham biasa. Jadi, jika dalam satu perusahaan menerbitkan 2 jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen, maka perusahaan biasanya akan mendahulukan pembagian saham kepada pemilik saham preferen setelah itu baru pemilik saham biasa.

Saham preferen setidaknya memiliki 4 karakteristik sebagai berikut :

  1. Terdapat beberapa tingkat dan dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda.
  2. Memiliki prioritas yang lebih tinggi dalam hal pembagian deviden daripada saham biasa.
  3. Bila periode sebelumnya deviden belum dibayar, maka deviden bisa dibayarkan pada periode berjalan dan didahulukan dari saham biasa
  4. Saham preferen dapat dikonversi menjadi saham biasa selama ada kesepakatan.

Itulah uraian mengenai apa itu saham & jenis saham. Bagi kamu pemula yang sedang belajar investasi saham dapat mengikuti seminar saham di : IlmuKepala.com

Salam Trading & Investing
Team SahamPemula.com

Comments

comments

%d bloggers like this: