Ini Arti Dari 7 Bentuk Doji Pada Candle Saham

Ini Arti Dari 7 Bentuk Doji Pada Candle Saham

Pola doji merupakan formasi dari candlestick yang kuat, dan menunjukan adanya keraguan antara penjual dan pembeli. Pola doji sering di temukan di bagian atas dan bawah sebuah tren dan di anggap sebagai sinyal awal pembalikan arah tren.

Terdapat 7 macam doji dalam candlestick, dan dari ke-7 tersebut memiliki arti yang berbeda-beda, diantaranya :

  1. Gravestone Doji Star

    Doji yang pertama merupakan Gravestone Doji Star, Doji yang satu ini merupakan salah satu pola bearish candlestick pembalikan yang signifikan terutama terjadi di bagian atas uptrend.
    Pola ini menunjukan bahwa nilai harga pembukaan, penutupan, serta nilai harga terendahnya berada pada nilai yang sama.

    Setelah uptrend, pola Gravestone Doji ini memberikan sinyal ke pedagang bahwa uptrend bisa berahir dan posisi buy harus di tutup.

    Pola Gravestone Doji Star tebentuk ketika pembeli mampu menekan harga ke atas. dan tekanan dari penjual mampu mendorong harga kembali ke harga pembukaan.

  2. Gravestone Doji Star Di Atas

    Pola Gravestone doji star di atas merupakan pola bearish yang terbentuk setelah pergerakan  harga di nilai tertinggi.

    Penutupan harga yang rendah dinilai mengidikasikan para trader (penjual) yang melepas semua saham-saham mereka, dan mendominasi gerakan bearish.

  3. Gravestone Doji Star Di Bawah

    Pola gravestone doji star di bawah merupakan pola yang terbentuk setelah pergerakan harga yang kuat ke bawah atau pada saat harga berada di level terendahnya. Dan pola ini menunjukan akan adanya pembalikan arah dari down trend ke up trend.

  4. Long Legged Doji Di Atas

    Long legged doji merupakan doji dengan shadow yang relatif panjang.
    Dan long legged doji di atas merupakan legged doji yang terbentuk di puncak sebuah trend yang cenderung naik.
    Long legged doji merupakan sinyal kemungkinsn awal dari pola bearish.

  5. Long Legged Doji Di Bawah

    Long legged doji bawah merupakan pola yang terbentuk di bawah trend yang cenderunng turun (down trend). Dan merupakan sinyal kemungkinan dari bullish.

  6. Dragon Fly Doji Di Atas

    Pola Dragon fly Doji merupakan pola yang terbentuk ketika opening dan closing price berada atau dekat dengan high. Ini menunjukan gagalnya bear untuk mempertahankan kontrol penurunan harga.

    Pola dragon fly di atas merupakan pola yang terbentuk di puncak sebuah trend yang cenderung naik, biasanya terbentuk setelah harga berada pada nilai tertingginya. Dan merupakan sinyal kemungkinan dari bearish.

  7. Dragon Fly Di Bawah

    Pola dragon fly di bawah merupakan pola doji yang terbentuk di dasar sebuah trend yang cenderung turun, dan merupakan sinyal kemungkinan dari bullish.

Kamu juga bisa belajar macam-macam candlestick melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo vibby, yang bisa kamu dapatkan di tokopedia, atau kalo kamu ga mau ribet bisa juga order via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: