Growth Investing Vs Value Investing, Unggulan Mana?

Growth Investing Vs Value Investing, Unggulan Mana?

Dalam bisnis saham terdapat beberapa macam strategi untuk mendapatkan keuntungan, dianataranya terdapat Growth Investing dan Value Investing, nah di antara kedua strategi tersebut kira-kira lebih unggul mana untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis saham? yuk kita cek.

Growth Investing

Sebelum kita membahas tentang keunggulan menggunakan strategi Growth investing ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Growth investing.

Growth investing adalah strategi investasi jangka panjang dengan mencari growth stock atau saham yang pertumbuhanya baik. Perusahaan yang masuk kategori growth stock adalah perusahaan yang memiliki pertumbuhan dan laba yang cukup besar. Ciri-ciri umum growth stock adalah sbg:

  1. Perusahaan besar dalam sektor industrinya.
  2. Memiliki management yang baik dan prefesional.
  3. Memiliki market yang besar.
  4. Peforma sahamnya hampir selalu konsisten mengalahkan IHSG setiap tahun.
  5. Memiliki nama baik di market (Sumber:Indoalpha)

Biasanya perusahaan dengan kreteria growth stock adalah perusahaan yang sedang tumbuh dan umumnya belum teruji dalam jangka panjang, dan dalam growth investor mencari keuntungan dari capital gain bukan dari deviden.

Keunggulan growth investing adalah dapat mendapatkan profit lebih besar dalam relatif waktu yang cukup singkat, dikarenakan kondisi portofolionya lebih sesuai dengan pasar. Namun karena growth berisi perusahaan dengan valuasi tinggi, maka potensi resikonya juga lebih besar.

Value Investing

Value investing sendiri merupakan pradigma investasi saham yang di kenalkan oleh Benjamin Graham untuk memilih suatu saham yang di perdagangkan di bawah nilai intrinsiknya.

Value Investing adalah strategi investasi dengan membeli saham yang harganya murah dan di bawah nilai intrisiknya serta berfundamental bagus. Di indonesia sendiri sudah ada banyak yang menerapkan metode ini.

Adapun kelebihan dari Value Investing adalah tidak memerlukan modal banyak dalam berbisnis saham, selama orang itu mau belajar dan mengerti kondisi fundamental sebuah perusahaan, value investing juga memiliki resiko yang rendah. Namun harus kita sadari bahwa value investing bukalah cara cepat meraih keuntungan dalam pasar modal.

Nah itulah pengertian sekilas tentang growth investing dan value investing, sejatinya tidak ada yang menjamin lebih unggulan mana, karena dua-duanya memiliki kekurangan dan kelibihan masing-masing.

Kamu juga bisa beajar membaca candlestick melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau kamu juga bisa order langsung via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: