Gaya Hidup Minimalist

Gaya Hidup Minimalist

Gaya Hidup Minimalis

Apa sih gaya hidup Minimalist,pada umumnya gaya hidup ini mengacu pada pengurangan jumlah harta benda dan kewajiban seseorang untuk menjalani hidup yang lebih sederhana dan  fleksibel. Mereka yang bergaya hidup minimalis cenderung lebih selektif dalam memilih dan menyimpan barang yang benar-benar esensial. Dengan begitu, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pemeliharaan barang serta pengaturan harta benda yang tidak mendatangkan manfaat untuk kehidupan.

Lalu bagaimana  cara untuk memulai gaya hidup minimalis

  1. Rapikan Tumpukan Barang yang Tidak Terpakai

Hal pertama yang penting untuk memulai gaya hidup minimalis yaitu merapikan barang. Pastikan barang yang kamu miliki benar-benar dibutuhkan, singkirkan barang-barang yang tidak terpakai, atau memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

  1. Pengeluaran Hanya untuk yang Terbaik

Menjaga semua tetap minimalis pasti akan berpengaruh pada pola pengeluaran. Kamu harus benar-benar selektif dalam membeli barang apapun. Pastikan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dengan kualitas terbaik. Contohnya belilah tas yang berkualitas tinggi yang memiliki masa pakai yang lama, memang untuk membeli tas yang berkualitas tersebut membutuhkan biaya yang mahal diawal pembelian, tetapi akan sangat menghemat biaya dimasa yang akan datang. Jangan lagi tergoda untuk membeli terlalu banyak barang hanya karena diskon namun tidak kamu butuhkan.

  1. Rawat Barang dengan Baik

Semakin sedikit dan berharga barang yang dimiliki, maka kamu akan lebih rela menyiihkan waktu lebih untuk merawat barang-barang tersebut sehingga kualitas barang-barang tersebut akan tetap bagus dan terjaga. Lakukan perawatan rutin atas barang yang sering kamu pakai sehari-hari seperti mobil, motor, smartphone, laptop, dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa menggunakan barang tersebut lebih lama, pakai hingga habis, dan meminimalkannya menjadi sampah.

  1. Perhatikan Time Management

Bukan hanya pengurangan barang, hidup minimalis juga berarti memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, serta memberikan prioritas terhadap hal-hal yang memiliki urgensi lebih tinggi.

Sebenarnya gaya hidup minimalis dan frugal living ini memang memiliki beberapa persamaan, dan nggak jarang saling tumpang tindih dalam banyak hal. Namun, penting untuk kalian ketahui bahwa pada dasarnya, kedua gaya hidup tersebut memiliki konsep dan tujuan yang berbeda. Bahkan terkadang bertentangan satu sama lain.

Untuk itu, kita harus memahami perbedaan dari keduanya terlebih dahulu agar kita dapat memilih gaya hidup apa yang tepat untuk kita.

Comments

comments

%d bloggers like this: