Frugal Living

Frugal Living

Sekarang makin banyak nih aplikasi belanja Online dimana kamu tinggal memilih atau mengklik saja barang yang kamu mau kemudian membayarnya melalui mobile banking dan hal tersebut membuat kamu sampai lupa melihat sisa dana yang dimiliki, nah hal ini tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan finansial kamu.

Dan karena hal tersebut bisa membuat kamu gagal untuk menabung, mempunyai dana darurat, membayar segala biaya kebutuhan mu ataupun berinvestasi. Nah mungkin kamu bisa coba dulu nih gaya hidup frugal living dan minimalist, Hah…memangnya apa sih frugal living dan minimalist ini ??Frugal Living yaitu sebuah cara dimana kita sepenuhnya sadar akan setiap keputusan yang kita lakukan dalam mengatur uang yang kita miliki. Artinya kita akan memilih mana hal-hal penting yang kita prioritaskan. Setelah itu kita akan mengurangi budget dari aspek lain yang mungkin tidak terlalu penting untuk kita. 

Lalu bagaimana sih sebenarnya cara hidup Frugal Living ini?Nah untuk cara sebenarnya kita dapat memulainya dari diri kita yaitu dengan mengubah mindsite lalu mulailah terapkan kebiasaan-kebiasaan berikut:

1. Alokasikan GajiSaat kita menerima gaji sebaiknya langsung kita alokasikan untuk belanja kebutuhan bulanan. Alokasi kebutuhan yang di maksudkan disini yaitu kebutuhan pribadi maupun rumah. Mulai dari uang makan, biaya tagihan listrik, biaya asuransi, transportasi atau bensin, dana hiburan (nonton, nongkrong bareng temen, atau menjalani hobi) termasuk menabung atau investasi.

2. Beri Dirimu Syarat Saat Belanja

Tanamkan dalam benak kita bahwa kita boleh berbelanja, tapi pastikan masih dalam anggaran bulan ini. Bila perlu, lakukanlah penyesuaian anggaran. Misalnya saja kamu melihat diskon Laptop dan laptop yang kamu miliki saat ini sudah sering error. Buat syarat bahwa kamu akan membeli laptop murah ini tapi kamu juga harus mengurangi pengeluran lainnya misalnya saja hobi jajan makanan seperti membeli cemilan atau makan diluar hingga sebulan sekali selama proses mencicil biaya pembelian laptop mu.

Namun sebelum kalian membeli barang biasakan Tanya ke diri

kamu sendiri;

Apakah kamu sudah punya barang tersebut ?

Apakah kamu butuh barang tersebut sekarang?

Apakah kamu memiliki anggaran yang bias kamu sisihkan untuk pembelian barang tersebut?

Pengeluaran apa yang bias kamu hemat demi bias membeli barang tersebut.

3. Gunakan Kupon dan Promo

Atur waktu yang tepat untuk berbelanja. Mungkin kamu melihat suatu jam tangan yang kamu suka. Nah, kamu bisa menunggu jam tangan tersebut diskon baru kamu membeli. Inilah mengapa pengeluaran sebaiknya kamu atur di waktu tertentu, seperti lebaran, harbolnas, atau tahun baru. Sisanya sepanjang tahun, kamu gunakan kesempatan tersebut untuk menabung sampai hari promo tiba.

4. Jual / beli barang bekas

Mungkin kamu punya beberapa barang lama yang masih bagus, tapi jarang atau hampir tidak pernah dipakai. Kamu bisa memanfaatkan barang ini dengan menjualnya atau membeli barang second yang masih layak digunakan.

Comments

comments

%d bloggers like this: