Cup & Handle, Pola Saham Yang Menggiurkan

Cup & Handle, Pola Saham Yang Menggiurkan

Cup dan Handle merupakan salah satu pola kelajutan. Seperti namanya pola ini membentuk cup atau cangkir yang mirip dengan huruf U dan peganganya berupa harga turun.

Pola Cup and Handle merupakan pola kontinyu bullish yang pertama kali diidentifikasi oleh William O’Neil di buku How to Make Money In Stock : A Winning System In Good Times And Bad yang sekarang sudah di edisi ke 4.

Pada pola Cup and Handle, bentuk U yang panjang dan membulat adalah tanda atau sinyal positif untuk trend bullish. Menariknya pola ini muncul pada grafik baris, batang dan candle serta grafik Point and Figure. Ini merupakan pola jangka panjang dan lebih sesuai dengan timeframe yang lebih lama.

Bentuk Cup (cangkir) ini terbentuk ketika harga turun dengan pelan dan naik kembali dengan pelan. Sedangkan bentuk pegangan cangkir merupakan trading range atau area konsolidasi yang berkembang setelah bentuk cup selesai.

 

Biasanya pola Cup and Handle ini terbentuk ketika harga sedang berusaha mencoba menembus titik tertinggi (level high) namun gagal. Karena itu harga mulai berkonsolidasi dan bergerak relatif datar. Pada saat harga mendekati puncak tertingginya,(pola cangkir) harga sedikit terkoreksi baru setelah itu harga kembali naik. Pola cup and handle memberi sinyal entry buy, saat harga menembus resistance yang terbentuk di atas cangkir.

Tinggi cup juga bisa menjadi setup target ketika terjadi breakout handle dan menyempurnakan polanya dengan sempurna. Kamu juga bisa loh belajar macam candle dengan membaca buku candlestick The stock Market Secret Profit by Santo vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia, atau kalo kamu ga mau ribet kamu bisa loh order via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: