Cara Membeli Saham

Cara Membeli Saham

www.SahamPemula.com Yeayy… setelah tau cara membuat account saham dan jadi salah satu investor saham di Indonesia skg yuk kita mulai ke langkah gimana sih cara membeli saham? Ah ya untuk para pembaca yang baru, untuk dapat membeli saham, pastikan kamu udah punya rekening saham / account saham dulu yaa… Baca di : Cara Membuat Account Saham


saham_bid_ask2Untuk bisa membeli saham nih kamu perlu ketahui dl beberapa istilah yang berkaitan erat dengan jual beli saham :

  1. Minimal transaksi saham itu adalah 1 lot dan 1 lot adalah 100 Lembar Saham.
  2. Harga yang beredar di market IHSG adalah harga per-lembar saham
  3. Ada Fee yang harus kita bayar untuk setiap transaksi pembelian dan penjualan, Fee standard adalah Buy 0.2% & Sell 0.3% (Fee ini merupakan Fee yang dianjurkan oleh bursa kepada sekuritas untuk diterapkan kepada nasabahnya)
  4. ASK adalah harga Anti Jual sedangkan BID adalah harga Antri Beli.
    • Klo kamu mau beli kamu harus ambil harga ASK karna disana ada org yg mau jual, so match deh transaksi kamu. Tapi klo km merasa harga ASK terlalu mahal, kamu bisa antri beli di harga BID (karena antri jadi ga pasti posisi kita nanti beneran kebeli ya, tunggu harga bergerak ke harga antrian kamu baru bisa kebeli)
    • Klo jual kamu pasang di harga BID supaya saham kamu langsung laku ke pembeli, tapi klo kamu rasa harga BID kemurahan buat jual kamu bisa pasang antri jual di deretan harga ASK (sama ya, saham kamu belum tentu laku tergantung harga marketnya sampe ke harga yg kamu mau jual atau engga)

Okayy… sekarang ada 3 hal yang harus Kamu tentukan untuk bisa membeli saham :

  1. Saham apa yang mau kamu beli, dan kamu harus tau Kode Saham dari perusahaan tersebut, biasanya terdiri dari 4 digit.
  2. Dan mau beli di Harga Berapa?
  3. Berapa banyak Jumlah Lot yang mau kamu beli?

Contoh :

  • Mau beli Saham ASII (Astra International Tbk)
  • Mau beli di Harga 6300 /Lembar
  • Misal kamu punya uang 2jt, gini cara nentuin jml lot nya = 2jt : 100 (Inget 1 lot itu 100 lembar) : Harga beli 6300. Jadi 3.174 tapi kamu ga bisa masukin koma-komaan, hehee tapi harus bulett… so kamu bisa beli 3 lot

Begini nih cara kamu bayar pembelian saham kamu :

saham_pemula_a01Kamu harus bayar pembelian saham dengan menghitung sbb : 3 x 100 x 6300 = 1.890.000 terus ditambah fee pembelian 0.2% (3.780). Jadi total yang harus kamu bayar adalah 1.893.780. So, Sisa Uang kamu yg ada di Account Saham adalah = 106.220

Oh ya dear, itu sebelum beli saham kamu harus setor dl ke rekening RDI yang pas buka account di sekuritas ya, karna nanti uangnya akan dipotong darisana. Trus klo kamu ada jual, nanti uangnya juga akan masuk kesana, jd klo mau tarikdana harus ajuin dl ke sekuritasnya mo tarikdana dari RDI ke bank Pribadi.

Nah untuk masukin ordernya sendiri, coba kamu tanya ama sales dari broker saham kamu… ga susah koq..  tinggal ketik-ketik & klik, tapi hati-hatiiiii jangan sampe salah input. Soalnya kadang suka denger curhatan temen yg niat jual eh salah masukin jd beli, hahaa… barang bukannya abis kejual malah jd nambah, jangan jangan yaaa… hati-hati ini duit beneran dan bisnis ini pun harus dg sepenuh hati 🙂 Baca Juga : Tutorial Cara Membeli Saham

Tips buat kamu yg merasa agak KAKU, awal-awal coba aja ordernya titip ke broker minta mereka yang pasangin. Ini Cuma buat kamu belajar pahamin aja, ga dianjurin sih utk terus-terusan order ke broker, selain fee lebih mahal juga kekna enakan masukin sendiri…. Titip ke broker mah buat kadang-kadang aja klo mmg pas km ga bisa order sendiri 🙂

Demikian ya, cara untuk membeli saham… setelah ini saya akan berusaha menjelaskan istilah-istilah yang umum digunakan oleh trader.

Salam,
Dian SW – Trader at Indonesian Stock Exchange & Foreign Exchange
Contact me via Facebook
Telegram : @diansw

Design by SahamPemula.com

Buka Rekening Saham Anda Bersma kami dan nikmati beragam kelebihannya…banner_KK_Palem

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: