Cara Bermain Saham

Cara Bermain Saham

saham_pemula_01www.SahamPemula.com Hai traders… kamu mau belajar cara bermain saham? Berikut langkah-langkah apa saja yang perlu kamu persiapkan dan kamu ketahui sebelum memulai bermain saham.

  1. Membuka Rekening Efek di Sekuritas Saham

Sekuritas atau nama lainnya Anggota Bursa atau biasa juga disebut dengan Broker Saham adalah perusahaan dimana kita sebagai seorang trader / investor membuka rekening  efek supaya dapat bertransaksi di pasar saham.

Jadi traders, langkah pertama agar km bisa disebut trader saham / investor saham adalah mempunyai rekening efek. Rekening efek berfungsi sebagai penyedia fasilitas untuk bertransaksi saham. Seperti kamu membeli suatu saham maka saham yg kamu beli akan tersimpan di rekening efek, juga dana untuk membayar pembelian yang km lakukan jg harus tersedia di rekening efek ini. Baca Juga :  Tips Memilih Broker Saham dan Cara Membuka Rekening Saham

  1. Mempersiapkan Dana untuk Bermain Saham

Uang_saham_pemula_01Modal awal untuk bisa bermain saham memang beragam tergantung dr kapasitas masing-masing trader / investor itu sendiri. Biasanya saat membuka rekening efek akan ditentukan deposit awal minimal untuk pembukaan account senilai 1jt rupiah. Deposit awal 1jt ini dapat langsung kita gunakan untuk membeli saham.

Rata-rata trader / investor menyetorkan dana sekitar 100-200jt rupiah, kadang ada yg dibawah itu dan ada juga yg menyetorkan dana jauh lebih besar hingga 5M dst…

  1. Memulai Bermain Saham

Setelah memiliki rekening efek dan menempatkan dana, langkah selanjutnya adalah kamu mulai bermain saham. Mulailah memilah-milah saham apa yang akan kamu beli, karna jumlah saham yang beredar di market sangat buanyak sekali diatas 400 jenis saham.

Baca juga  : Tips Memilih Saham Yang Tepat

  1. Mulai Membeli Saham

Mulailah dengan login account efek kamu, kemudian memasukan username, password & pin code. Setelah login, masuk menu “BUY” kemudian masukan KODE SAHAM yang ingin kamu beli, berapa jumlah saham yang ingin kamu beli & juga di harga berapa kamu ingin membeli saham tersebut.

saham_pemula_03Berikut beberapa contoh Kode Saham untuk beberapa perusahaan yang familiar dikehidupan sehari-hari :

  1. ASII – Astra International Tbk
  2. UNVR – Unilever Indonesia Tbk
  3. INDF – Indofood Sukses Makmur Tbk
  4. TLKM – Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
  5. IHSG – Index Harga Saham Gabungan <— ini nama index Indonesia kita, atau familiar di dunia International dengan sebutan IDX (Indonesian Index).

Oh ya traders, harga saham yang kamu lihat dimarket itu adalah harga satuan per-lembar saham. Sedangkan satuan untuk dapat bertransaksi saham itu minimal 1 lot. 1 lot merupakan gabungan dari 100 lembar saham.

Nah jadi kalau kamu mau membeli saham ASII minimal kan 1 lot alias 100 lembar (sekarang saat artikel ini ditulis harga ASII adalah 6175/ Lembar Saham). So klo kamu mau beli saham ASII, kamu harus bayar 6175 x 100 Lembar = 617.500 belum termasuk Fee. Untuk detail mengenai hitungan pembelian saham dan lebih lengkap Baca juga : Cara Membeli Saham

Baiklah sekian dulu artikel mengenai cara bermain saham, selamat bergabung dengan jutaan warga Indonesia lainnya yang mengerti dunia Pasar Modal, welcomeee 🙂

Salam,
Dian SW – Trader at Indonesian Stock Exchange & Foreign Exchange
Contact me via Facebook
Telegram : @diansw

Design oleh : SahamPemula.com

Buka Rekening Saham Anda Bersama kami dan nikmati beragam kelebihannya…banner_KK_Palem

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: