Belajar Saham : Mengenal Istilah Breakout dan Breakdown

Bagi kalian yang menggunakan analisa teknikal pasti sering mendengar istilah breakout dan breakdown. Apakah yang dimaksud dengan istilah breakout dan breakdown tersebut ?

Berikut ini penjelasannya :

Breakout

Breakout adalah kejadian dalam pergerakan harga suatu saham, yaitu ketika harga saham melewati area resisten. Seperti yang kita ketahui resisten merupakan area atap yang berfungsi untuk menahan pergerakan harga saham untuk naik lebih lanjut. Namun pada saat breakout harga saham cenderung akan bergerak naik keatas dengan sangat agresifnya dan melewati area resisten. Terjadinya breakout biasanya diakibatkan atau dipengaruhi adanya good news, isu regional, dan global yang terjadi pada perusahaan penerbit saham.  Hal ini juga dapat memberikan dampak yang signifikan bagi berlanjutnya penguatan harga saham. 

Gambar Diatas merupakan salah satu contoh terjadinya breakout pada saham dimana harga saham naik dengan agresifnya dan melewati resisten 7352.

Breakdown

Breakdown adalah kejadian dalam pergerakan harga suatu saham, yaitu ketika harga saham melewati area suport. Seperti yang kita ketahui suport merupakan area alas atau lantai yang berfungsi untuk mensuport harga saham sehingga harga akan cenderung memantul kembali keatas sehingga tidak turun lebih lanjut. Namun pada saat breakdown harga saham cenderung akan bergerak turun kebawah dengan sangat agresifnya dan melewati area suport. Hal tersebut dapat menjadi suatu indikasi agar investor harus berhati-hati karena harga cenderung akan melanjutkan penurunannya sampai ke level suport selanjutnya. Terjadinya breakdown biasanya diakibatkan atau dipengaruhi adanya bad news yang terjadi pada perusahaan penerbit saham.

berikut ini contoh chart yang mengalami breakout dimana terlihat harga saham melewati suport 337.

Sekian pembahasan dari saya tentang breakout dan breakdown, dan apabila anda belum terlalu paham dengan suport dan resis anda dapat mencari tau disini -> Belajar Saham : Apa Itu Support Dan Resist Dalam Trading Saham?