Belajar Saham : Jenis Jenis Chart Dalam Analisa Teknikal

Belajar Saham : Jenis Jenis Chart Dalam Analisa Teknikal

Dalam analisa teknikal untuk melihat pergerakan nilai harga suatu saham yang terjadi pada market / bursa yaitu menggunakan chart atau grafik riwayat. Dimana kita dapat melihat pergerakan nilai harganya sesuai dengan periode waktu yang kita hendaki. Dalam hal ini para analis teknikal biasanya akan menggunakan periode waktu yang akan disesuaikan dengan target nilai harga serta rencana transaksi / trading plan masing-masing analis. Periode waktu yang dapat kita lihat yaitu dalam periode waktu per-menit, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Chart/ grafik riwayat yang dapat digunakan dalam analisa teknikal ini ada beberapa jenis antara lain :

Line Chart

Merupakan grafik riwayat data nilai harga suatu saham yang hanya terbentuk dari nilai harga penutupan suatu saham dalam periode waktu tertentu pada sebuah pergerakannya di bursa saham / market.

Pada line chart tidak ditemukan data-data nilai harga pembukaan, nilai harga tertinggi, dan nilai harga terendah, dari suatu gerakan saham. 

Bar Chart

Merupakan grafik riwayat data nilai harga suatu saham yang hanya terbentuk dari garis-garis pergerakan nilai harga pembukaan, nilai harga tertinggi, nilai harga terendah dan nilai harga penutupan dari gerakan suatu saham dalam periode waktu tertentu pada sebuah pergerakannya di bursa saham/ market. 

Candlestick Chart

Merupakan grafik riwayat data nilai harga suatu saham yang terbentuk dari nilai harga pembukaan, nilai harga tertinggi, nilai harga terendah dan nilai harga penutupan dari gerakan suatu saham dalam periode waktu tertentu pada sebuah pergerakannya di bursa saham/ market.

Beda nya dengan Bar chart yaitu terletak pada bentuknya yang secara visual lebih mudah dibaca dan diartikan, serta sangat mudah membedakan kenaikan maupun penurunan harga suatu gerakan saham berdasarkan warnanya, dimana warna hitam menunjukkan kejatuhan harga dari nilai harga pembukaannya sedangkan warna putih menunjukkan kenaikkan harga dari nilai harga pembukaannya. 

Nah itulah pembahasan tentang jenis-jenis chart / grafik riwayat harga yang digunakan dalam analisa teknikal semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih…

Comments

comments

%d bloggers like this: