Belajar Saham : Indeks Harga Saham Dan Jenis-Jenisnya

Belajar Saham : Indeks Harga Saham Dan Jenis-Jenisnya

Belajar Saham Pemula – Pasti kamu sering mendengar istilah Indeks Harga Saham, yup Indek Harga Saham merupakan indikator yang menggambarkan pergerakan harga saham dalam satu periode.

Lalu mengapa kita perlu mengetahui Indeks Harga Saham? Dengan Indeks saham kita dapat mengetahui trend yang sedang terjadi di pasar, entah itu naik atau turun maupun stabil, sehingga kita dapat menentukan kapan waktu untuk menjual, menahan ataupun membeli saham.

Dan dengan mengetahui Indeks saham kita juga mendapatkan beberapa manfaat. Manfaat pertama Indeks saham dapat memberikan gambaran mengenai pergerakan harga di bursa saham secara keseluruhan maupun secara sigmentasi, manfaat kedua Indeks saham adalah sebagai acuan menilai kinerja suatu portofolio saham.

Indek Saham sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya :

  • Indeks Individual
    Indeks individual merupakan indeks masing-masing saham yang tercatat di BEi.
  • Indeks Harga Saham Sektoral
    Indeks harga saham sektoral merupakan pengelompokan saham berdasarkan masing-masing sektor. Di BEI sektor terbagi atas : Pertanian, Pertambangan, Industri dasar, Aneka Industri, Konsumsi, Property, Infrastruktur, Keuangan, Perdagangan dan Jasa, serta Manufaktur.
  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
    Dalam IHSG ini semua saham di perhitungkan sebagai komponen perhitungan indeks.
  • Indeks LQ45
    Indek LQ45 ini erupakan indeks yang teridi dari 45 saham pilihan berdasarkan likuiditas perdagangan dan kapasitas pasar, sehingga setiap 6 bulan saham yang masuk indeks ini bisa berubah-rubah tergantung variabel tersebut.
  • Indeks Syariah
    Indeks ini terdiri dari 30 saham yang memenuhi syarat investasi dalam Islam.
  • Indeks Papan Utama Dan Papan Pengembangan
    Indeks ini merupakan indeks yang dikelompokkan secara khusus di Bursa Efek Indonesia berdasarkan kelompok Papan Utama dan Papan Pengembangan. Papan utama biasanya terdiri dari saham-saham dari perusahaan yang sudah kokoh di pasaran. Sementara papan pengembangan terdiri dari saham-saham perusahaan yang belum secara konsisten membukukan keuntungan pada laporan akhir tahun mereka.

Nah itulah pengertian tentang Indeks Saham dan jenis-jenisnya, nantikan artikel Saham Pemula lainya.

Buku Belajar Saham – Kamu juga bisa belajar tentang saham melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: