Belajar Saham : Cara Mendapatkan Dividen

Belajar Saham : Cara Mendapatkan Dividen

Belajar Saham – Salah satu hal yang di tunggu-tunggu seorang investor dalam berinvestasi saham adalah pembagian dividen. Dividen sendiri biasanya di bagikan setiap setahun sekali , entah itu di awal tahun atau di ahir tahun, nah pasti kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan dividen.

  • Untuk bisa mendapatkan dividen, baik dividen tunai maupun saham, kamu hanya perlu memiliki saham perusahaan tersebut sampai hari cum date. Contohnya , perusahaan A cum date dividen pada tgl 27 febuari 2019, maka kamu harus memiliki saham perusahaan tersebut sampai penutupan bursa pada hari tersebut.
  • Pengumuman dividen biasanya bisa kamu lihat di situs BEI dan KSEI.
  • Pembayaran dividen akan langsung di transfer ke rekening investor masing-masing. Namun jika saham kamu berbentuk sertifikat, kamu harus mengurus dividen ke perusahaan masing-masing. Dan untuk investor asing ada tata cara nya tersendiri.
  • Setiap dividen tunai akan di di kenakan pajak, 30% bagi yang tidak memiliki NPWP atau tidak melampirkan NPWP di sekuritas, dan 10% bagi yang memiliki NPWP.

Nah itulah sedikit artikel tetang tata cara mendapatkan dividen, semoga bermanfaat ūüôā¬†

Buku Saham – Kamu juga bisa belajar metode-metode sederhana untuk trading atau berinvestasi saham melalui buku The traders Bibble by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau kamu bisa order langsung ke whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: