Belajar Saham : Apa yang Dimaksud Dengan Window Dressing ?

Belajar Saham : Apa yang Dimaksud Dengan Window Dressing ?

Setiap dipenghujung tahun kita pasti selalu mendengar istilah Window Dressing, Apa yang dimaksud dengan Window Dressing ?

Window Dressing merupakan suatau strategi yang dilakukan oleh manajer investasi maupun perusahaan terbuka untuk mempercantik portofolio atau performa laporan keuangan sebelum ditampilkan kepada para pemegang saham. Dalam  Window Dressing yang biasa dilakukan oleh Manajer Investasi yaitu menjual saham-saham mereka yang mengalami kerugian dan akan membeli saham-saham memiliki kecendrungan untuk menguat . Window Dressing kerap kali dilakukan pada saat mendekati akhir periode kerja ataupun pada akhir tutup buku kuartalan dan tahunan. 

Namun tidak hanya manajer iknvestasi saja yang melakukan Window Dressing, namun perusahaan terbuka juga melakukan hal yang sama supaya dapat meningkatkan harga saham di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan terbuka atau tercatat di BEI akan mempercantik laporan keuangan mereka supaya banyak investor yang tertarik untuk membeli saham dari perusahaan mereka, hal ini akan menyebabkan kenaikan pada saham yang bersangkutan. Tentu ini akan sangat diminati oleh para trader maupun investor, karena  dengan adanya kenaikan saham tersebut maka akan memberikan capital gain bagi kepada para pemegang sahamnya

Apakah Window Dressing hanya terjadi di akhir tahun ?

Terrnyata untuk Window Dressing ini juga bisa terjadi pada setiap kuartal, atau pada saat laporan keuangan per kuartal keluar. Namun efek paling besar dari Window Dressing ini terjadi pada saat menjelang tutup buku yaitu pada akhir tahun. Bahkan efeknya juga bisa terasa pada saat awal tahun atau dikenal juga dengan January effect. 

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat J

 

Comments

comments

%d bloggers like this: