Belajar Saham : Apa Yang Dimaksud Dengan Swing Trading?

Belajar Saham : Apa Yang Dimaksud Dengan Swing Trading?

Pasti diantara kalian ada yang sudah tau atau mengenal strategi-strategi yang ada atau sering digunakan dalam berinvestasi dari mulai Scalping / Intraday Trade, Swing Trading dan Super Trade. Namun yang akan dibahas pada kesempatan kali ini yaitu Swing Trading, apa itu Swing Traiding berikut ini penjelasannya.

Swing Trading merupakan suatu strategi traiding dalam jangka pendek dengan tujuan memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan gejolak (volatilitas) harga saham di bursa perdagangan. Sebagaimana layaknya bursa perdagangan saham, harga saham senantiasa bergejolak bisa setiap detik, jam maupun hari, hal ini terjadi seiring dengan perubahan yang diakibatkan oleh adanya permintaan (bid) dan penawaran (offer) dari para pelaku pasar.

Dalam strategi ini, para Swing Trader melakukan pemantauan terhadap saham-saham yang memiliki aktifitas perdagangan tinggi (active stocks) serta kepada saham-saham “Top Gainer” yaitu dengan mengandalkan formasi candle jangka pendek. Namun agar strategi ini dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan sistem trading yang efektif. Sistem trading yang efektif ini paling tidak memuat dua komponen dasar dan penting yaitu indentifikasi tren serta cut / stop loss. Jika seorang Swing Trader gagal mengenali sebuah trend maka dapat menjadi malapetaka yang berujung pada kerugian.

Jadi Swing Trading merupakan strategi yang menuntut para trader untuk lebih sabar dalam traiding saham, karena tren saham tidak selalu bergerak naik ada saatnya harga  saham akan pullback (koreksi sehat) sebelum melanjutkan untuk kembali merangkak naik. Seorang Swing Trader yang cerdik biasanya akan menunggu mereka akan menunggu momen pullback ini untuk melakukan aksi beli atau tambah posisi beli. 

Sekian pembahasan tentang Swing Trading kali ini dan untuk yang mau belajar mengenai saham bisa melalui The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau oder langsung via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: