Belajar Saham : Apa Itu Merger, Akusisi, Dan Konsolidasi??

Belajar Saham : Apa Itu Merger, Akusisi, Dan Konsolidasi??

Dalam bisnis saham terdapat beberapa istilah, seperti merger, akusisi dan konsolidasi. Namun taukah kamu arti dari ketiga istilah tersebut?

Merger

Merger adalah pengabungan antara dua atau lebih perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger membeli semua aset dan liabilitas perusahaan yang di merger. Sehingga perusahaan yang me-merger memiliki paling sedikit 50% saham dan perusahaan yang di merger harus berhenti beroperasi karena pemegang sahamnya sudah memiliki uang tunai. Pada umumnya me-merger adalah salah suatu solusi untuk memperkuat struktur perusahaan.

Contoh perusahaan yang melakukan merger adalah bergabungnya Lippo Bank dengan CIMB Niaga pada tahun 2008, dan hal tersebut membuat Lippo berheti beroperasi dan melebur menjadi satu dengan CIMB Niaga.

Akusisi

Akusisi adalah proses pengambilalihan perusahaan dengan cara membeli saham atau aset perusahaan tersebut, berbeda dengan merger, akusisi tetap mempertahankan kedua eksistensi kedua perusahaan, sehingga tidak ada perusahaan yang hilang, hanya pemegang sahamnya saja yang berubah.

Salah satu contoh akusisi adalah Aqua yang diakusisi oleh Dadone, Pizza Hut oleh Coca-Cola.

Konsolidasi

Konsolidasi merupakan peleburan dua perusahaan menjadi satu, berbeda dengan merger yang menyisakan satu perusahaan, proses konsolidasi tidak menyisakan satupun perusahaan, namun proses konsolidasi akan menghasilkan satu perusahaan baru.

Contohnya konsolidasi Bank Mandiri yang merupakan hasil konsolidasi dari Bank Bumi Daya, Bank BDN, Bank Ekspor Impor dan Bank Bapindo.

Merger, Akusisi dan Konsolidasi adalah salah satu strategi dalam dunia korporasi. Tujuannya secara garis besar adalah untuk mencapai pertumbuhan, memperkuat struktur, sinergi antar intensitas, diversivikasi produk serta meningkatkan market share.

Kamu juga bisa belajar cara membaca candlestick melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp kami.

 

Comments

comments

%d bloggers like this: