Belajar Saham : Apa Itu ETF (Exchange Traded Fund)?

Belajar Saham : Apa Itu ETF (Exchange Traded Fund)?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ETF, Apa itu ETF ?. Berikut ini ulasannya. ETF ( Exchange Traded Fund) merupakan reksadana yang terbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya dicatat dan diperdagangkan di Bursa Efek. Meskipun  pada dasarnya ETF adalah reksadana, namun produk ini diperdagangkan sama seperti saham-saham yang ada di Bursa Efek. ETF merupakan penggabungan antara unsur reksadana dalam hal transaksi jual maupun beli.c

Tujuan Berinvestasi ETF

Segala sesuatu dibuat dengan suatu tujuan yang pasti begitupula dengan ETF, berikut ini tujuan mengapa berinvestasi ETF antara lain:
  • Diversifikasi: Diversifikasi secara otomatis atas beberapa saham unggulan dalam sekali order.
  • Fleksibilitas: Memanfaatkan fleksibilitas jual/beli yang tinggi, karena dapat langsung melakukan pembelian maupun penjualan ETF selama jam bursa berlangsung selayaknya saham.

Keuntungan ETF

  1. Mudah dan Fleksibel, sehingga dapat dibeli dan dijual kapanpun selama jam perdagangan seperti layaknya saham.
  2. Rendah Biaya dan Risiko, dimana management fee ETF relatif lebih rendah dibanding Reksadana dan untuk biaya transaksi ETF di pasar sekunder sesuai dengan komisi broker serta untuk risiko relatif rendah hal ini dikarenakan likuiditas dari ETF terjamin.
  3. Cakupan Luas, yaitu apabila memiliki 1ETF = memiliki puluhan saham-saham unggulan dan ETF yang ditawarkan juga variatif.
  4.  Transparan, yaitu dimana informasi mengenai ETF dan saham-sahamnya dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Kelemahan

  1. ETF tetap rawan terhadap fluktuasi harga saham, hal ini dikarenakan adanya faktor ekonomi makro seperti suku bunga dan nilai tukar.
  2. ETF juga dapat dipengaruhi oleh stabilitas politik.
  3. Investor tidak dapat memilih saham lain yang tidak berada dalam indeks ETF untuk dikoleksi dalam ETF.
  4. Investor juga tidak dapat menentukan pada harga yang diinginkan

Comments

comments

%d bloggers like this: