Belajar Saham : Apa Itu Earning Per Share??

Belajar Saham : Apa Itu Earning Per Share??

Earning per share (EPS) atau laba per saham adalah laba bersih yang dihasilkan per saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Laba bersih per saham sendiri merupakan jumlah pendapatan yang di peroleh dalam satu periode untuk setiap lembar saham yang beredar, dan akan di pakai oleh pimpinan perusahaan untuk menentukan besarnya dividen yang akan di bagikan.

EPS (earning per share) merupakan  salah satu dari dua alat ukur yang sering di gunakan untuk mengevaluasi saham biasa di samping PER (price earning ratio) dalam lingkaran keuangan.

Earning per share dapat di gunakan untuk menunjukan berapa besar laba yang di hasilkan perlembar saham yang beredar, menunjukan laba bersih yang siap di bagikan kepada pemegang saham, dan seberapa besar keuntungan yang di peroleh investor berdasarkan per lembar sahamnya.

Cara menghitung EPS adalah laba bersih perusahaan di bagi dengan seluruh jumlah saham yang beredar” namun kamu tidak perlu repot-repot menghitungnya karena sudah di sajikan informasi mengenai EPS dalam laporan keuangan, jadi kamu cukup mengetahui caranya saja.

Lalu mengapa kamu perlu mengetahui rasio EPS? kamu perlu mengetahui EPS untuk melihat seberapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan per lembar saham karena Jika EPS meningkat maka keuntungan yang di peroleh investor per lembar sahamnya semakin besar, dan begitu juga sebaliknya, jika EPS menurun maka keuntungan yang di peroleh investor per lembar sahamnya semakin kecil.

Nah itulah pengertian tentang Earning Per Share. Semoga membantu..

kamu juga bisa belajar menganalisa saham dengan analisa teknikal melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp kami.

 

 

Comments

comments

%d bloggers like this: