Belajar Saham : Apa Itu Buyback Saham??

Belajar Saham : Apa Itu Buyback Saham??

Dalam bisnis saham terdapat istilah buyback atau dengan kata lain di beli kembali adalah proses pembelian kembali saham yang beredar di publik (outstanding share) yang di lakukan oleh perusahaan tersebut. Dalam proses buyback perusahaan menginvestasikan dana yang dimiliki untuk membeli saham perusahaannya sendiri dari publik.

Mengapa melakukan buyback?
Biasanya setiap perusahaan memiliki alasan tersendiri untuk melakukan buyback, selain untuk menyelamatkan nilai saham karena harganya yang terus menurun, buyback juga dapat mengurangi jumlah dividen yang harus di setorkan kepada investor. Namun secara umum ada 2 alasan mengapa perusahaan melakukan buyback yaitu.

  • Mengurangi likuiditas saham di pasaran

    Tindakan buyback dapat mengurangi jumlah saham yg beredar di pasar modal. Saham dengan jumlah terbatas atau tidak terlalu banyak akan menyebabkan harganya  lebih mudah naik serta memperoleh ratio keuntungan yang lebih baik.

  • Meningkatkan rasio keuangan

    Seperti yang telah di ketahui, semakin terbatas jumlah suatu barang, maka harganya akan  semakin tinggi. Tindakan buyback akan membuat saham yang beredar di pasar berkurang dan meningkatkan rasio keuntungan per lembar saham perusahaan karena jumlah lembar sahamnya yang terbatas dan harganya semakin tinggi. 

Cara Melakukan Buyback
Biasanya untuk melakukan buyback perusahaan melakukannya dengan cara sebagai berikut.

  • Tender Offer
    Untuk melakukan buyback perusahaan bisa menggunakan tander offer atau menawarkan pada pemegang sahamnya untuk menjual saham yang mereka miliki kepada perusahaan dengan kisaran harga yang telah di tentukan oleh perusahaan.
  • Membeli di pasar reguler 
    Cara lainya adalah membeli saham di pasar reguler sesuai harga yang berlaku di pasar. Para investor akan sangat berwaspada jika ada isu atau rumor buyack, karena akan membuat harga saham perusahaan tersebut melonjak. 

Nah itulah pengertian tentang buyback, buyback pada umumnya akan menjadi berita baik bagi para pemegang saham tersebut, namun tidak memungkiri juga menjadi berita buruk. Semoga bermanfaat.

Kamu juga bisa loh belajar tentang saham melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp kami.

 

 

Comments

comments

%d bloggers like this: