Belajar Saham antara Trader vs Investor.. galakan siapa ?

Belajar Saham antara Trader vs Investor.. galakan siapa ?

Belajar saham, apa perbedaan antara Trading & Investing ?

Trading : adalah kegiatan membeli di harga rendah kemudian menjual di harga yang lebih tinggi dalam rentang waktu yang relatif singkat, untuk memperoleh keuntungan dengan cepat pula.

Produk yang diperjualbelikan bisa berupa saham, mata uang asing, emas, dan lain sebagainya dan sementara rentang waktu trading berkisar dari hitungan menit, jam, hari, hingga beberapa minggu.

Tujuan dari trading adalah mengumpulkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual dan pd umumnya trader memanfaatkan tren dan perubahan momentum pada saham – saham yang harganya sangat berfluktuasi untuk menghasilkan keuntungan.

Investasi adalah penempatan sejumlah uang / modal dalam sebuah instrumen (contoh : saham, emas, obligasi) dengan harapan uang tersebut akan berkembang.

Investor juga membeli saham di harga yang rendah dan menjual di harga yang lebih mahal. Perbedaan investasi dengan trading terletak dalam rentang waktu beli dan jual.

Jika trading dilakukan dalam rentang waktu yang cukup singkat (hitungan menit hingga beberapa minggu), investasi dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu dalam hitungan bulan hingga beberapa tahun. Seorang investor lebih menekankan pada pertumbuhan laba dan value perusahaan serta deviden dalam jangka panjang.

Investor tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saham karena investor mengincar keuntungan yg besar dalam jangka waktu panjang.

Investasi memiliki kelebihan yaitu kekuatan melipatgandakan keuntungan,  sedangkan pd trading kita bisa memetik keuntungan dalam waktu yang relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan investasi yang butuh waktu bertahun – tahun.

Jadi mana yang lebih menguntungkan, trading atau investasi ?

Keduanya akan sama menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang tepat, beserta ilmu dan disiplin yang benar, seperti kapan harus membuka dan menutup suatu posisi, money management, dan risk management yang ketat.

Perbedaan Utama yang membuat trading dan investing sangat berbeda adalah Time Frame !

Strategi yang dipergunakan dalam trading tidak dapat dicampur adukkan dengan investasi. Oleh karena itu, sejak awal tentukan dahulu apakah Anda ingin menempatkan diri Anda sebagai seorang trader atau investor, supaya Anda tidak salah kaprah dalam mengambil keputusan.

Website dan buku saham yg di rekomendasikan di web ini ini dibuat untuk membantu trader dalam memperbaiki kualitas transaksi, serta memperbaiki emosi trader. Oleh karena itu, sebagian besar pokok bahasan dalam buku ini sangat tepat jika diaplikasikan bagi investor maupun trader, karena banyak sekali hal yang memang dapat membantu investor / trader untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai peran mereka dalam pasar.

Trading adalah bisnis yang sempurna, yang memberikan kebebasan waktu, tenaga, dan latar belakang. Trading juga merupakan bisnis yang memberi kebebasan luar biasa, karena tidak ada peraturan sama sekali dalam trading.

Anda tidak perlu terpaku pada jam kantor bahkan ketika Anda sudah selesai menyegel profit transaksi, Anda dapat memutuskan untuk berhenti ataupun tetap melanjutkan aktivitas trading lagi kemudian.

Tidak ada aturan yang mengharuskan Anda untuk membeli ini atau itu, dan tidak ada yang membatasi seberapa besar uang yang harus Anda alokasikan untuk suatu jenis saham.

Adanya potensi keuntungan yang cukup besar dalam rentang waktu yang singkat serta tenaga yang minim, membuat trading menjadi sebuah bisnis yang menarik. Resiko besar yang membarengi rewards tidak memadamkan semangat para trader, bahkan seringkali justru membuat trader merasa tertantang.

Namun fakta mengatakan bahwa hanya ada sekitar 10 % hingga 15 % trader saja yang bertahan dan berhasil. Sedangkan 85 % hingga 90 % sisanya mengakhiri karir trading mereka dengan rasa kecewa karena mengalami kerugian berturut-turut bahkan mengalami kebangkrutan.

Apa sebenarnya kesalahan para trader tersebut sehingga mereka terjebak dalam kerugian yang terus berulang ? Apa pula yang membuat kelompok 10 % hingga 15 % itu bertahan dan berhasil dalam karir trading mereka ?  Silakan lanjut membaca artikel2 yang kami sajikan berikutnya 🙂

Btw, teman2 juga bisa belajar saham bareng-bareng temen2 lain di channel telegram Saham Pemula di link : https://t.me/BelajarSahamPemula

Comments

comments

%d bloggers like this: