Belajar Saham : Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal

Belajar Saham : Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal

Dalam dunia saham pasti banyak dari para trader/investor yang memiliki pertanyaan seperti kapan saat yang tepat harus menjual ataupun membeli saham?. Dalam hal ini ada dua jenis metode analisis yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan menggunakan analisa secara fundamental dan teknikal.

Apa yang dimaksud dengan analisa fundamental dan analisa teknikal berikut ini penjelasannya

Analisa Fundamental

Metode jenis ini digunakan untuk memperhitungkan nilai wajar dari suatu saham perusahaan guna mengetahui apakah harga saham sudah atau belum diapresiasi secara tepat. Analisa ini dilakukan dengan mempelajari keadaan ekonomi, industri, sertakondisiperusahaandenganmenitiberatkanpada data-data kunci yang ada pada laporan keuangan perusahaan.

Dalam analisa fundamental secara umum ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:

Menghitung Kondisi Ekonomi Perusahaan Secara Keseluruhan 

Tahapan ini bertujuan untuk memperhitungkan apakah kondisi ekonomi secara keseluruhan baik untuk pasar saham. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan oleh seorang analis fundamental biasanya tinggi atau rendahnya tingkat inflansi, naik atau turunnya suku bunga, tingkat keyakinan konsumen dalam membelanjakan uangnya, melihat keuntungan dan kerugian dari neraca perdagangan serta melihat dari perputaran perusahaan.

Menghitung Kondisi Industri Secara Keseluruhan

Masa depan perusahaan secara langsung dipengaruhi oleh Industri, sehingga perlu dilakukannya  perhitungan terhadap kondisi industri secara keseluruhan guna melihat kuat atau lemahnya kondisi industri tersebut. Dikarenakan saham yang paling baik pun apabila mereka berada pada industri yang sedang lemah/payah dapat menghasilkan pengembalian yang pas-pasan. Hal inilah yang menyebabkan disukainya saham yang lemah dalam suatu sektor industri yang kuat  daripada saham yang kuat dalam sektor industri yang lemah. 

Menghitung Kondisi Perusahaan

Setelah melihat dan menganalisis dari sisi ekonomi dan industri hasilnya baik namun  tidak melakukan perhitungan terhadap kondisi perusahaan tersebut maka sia-sialah analisa fundamental yang kita lakukan. Karena pada pasar saham, yang diharapkan oleh para pemegang saham yaitu perusahaannya selalu menghasilkan laba yang nantinya dibagikan kepada para pemegang saham. Laba atau keuntungan ini dikenal pula dengan istilah deviden. Selain deviden keuntungan yang dapat diperoleh dari permainan saham ini yaitu capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari fluktuasi harga saham yang biasanya diharapkan oleh investor yang memiliki jangka waktu yang pendek. Dalam menghitung kondisi perusahaan secara keseluruhan ini menggunakan rasio keuangan seperti profitability (keuntungan), price (harga), liquidity (likuiditas), leverage (dukungan), efficiency (efisiensi).

AnalisaTeknikal

Analisa jenis ini merupakan analisa paling dasar dalam investasi di dunia saham. Dalam prinsipnya analisa teknikal merupakan studi utama untuk melakukan penelitian yang mendasari kombinasi antara studi nilai harga (nilai harga pembukaan, nilai harga tertinggi/ terendah, dan nilai penutupan) dengan menggunakan grafik-grafik /chart yang terbentuk sebagai peta utama guna menentukan langkah-langkah berikutnya.

Saat ini analisa teknikal  yang digunakan mencangkup prinsip-prinsip seperti pola kecendrungan / trend harga. sedangkan nilai harga dapat merefleksikan pergerakan pada semua informasi yang diketahui, konfirmasi dan penyimpangan (divergence). Sementara volume mencerminkan perubahan harga, dandukungan (support) serta tahanan (resistance) terhadap sebuah nilai harga yang terjadi pada market.

 

Berikut ini contoh gambar grafik atau chart yang digunakan dalam analisa teknikal 

Itulah sedikit artikel tentang analisa fundamental dan analisa teknikal semoga bermanfaat

Comments

comments

%d bloggers like this: