Belajar Saham : 3 Kemampuan yang Harus Dimiliki Trader

Belajar Saham : 3 Kemampuan yang Harus Dimiliki Trader

Pasti banyak diantara kita menginginkan menjadi trader yang sukses, namun tahukah kalian bahwa untuk menjadi trader tidak ditentukan oleh frekuensi Anda dalam melakukan eksekusi transaksi di pasar modal, namun ditentukan dari seberapa besar profit yang  dapat dihasilkan dari eksekusi transaksi harian yang Anda lakukan.

Untuk itu dalam eksekusi transaksi atau trading di pasar modal membutuhkan kerja keras dan pengetahuan (knowledge), selain itu kemampuan (skills) analisa yang tajam  juga diperlukan dalam eksekusi transaksi ini guna mengantisipasi segala pergerakan nilai harga yang terjadi di pasar modal sehingga dapat menghasilkan profit sebagai imbalannya.

Kemampuan (skills) itu dapat dikatagorikan menjadi 3 bagian antara lain:

Selection Skills

Merupakan kemampuan untuk mencari dan mengintip pergerakan harga dari saham-saham lainnya. Kemampuan menyeleksi saham-saham ini dapat diterapkan dengan menggunakan metode top down approach.

Yaitu dimulai dengan cara menganalisa pergerakan arah indeksnya secara global terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menyeleksi industri yang sedang berjaya saat ini dalam sektoralnya, kemudian di akhiri dengan pemilihan saham-saham jawara dalam sektoral tersebut yang dapat memberikan indikasi untuk bergerak naik.
Dengan selection skills maka kita dapat terhindar dari saham-saham yang “bobok” alias suka tidur lama tanpa adanya pergerakan nilai harga yang berarti dalam jangka waktu yang panjang.

Timing Skills

Secara TA (Teknikal Analisis) bahwa dari saham-saham yang telah terseleksi kita dapat menentukan saham mana yang sudah saatnya memberikan sinyal untuk dibeli dan saham mana yang sudah waktunya memberikan sinyal untuk dijual sekarangf ?

Dalam hal ini tentu kita akan cenderung memilih posisi asset-aset yang akan bergerak sesegera mungkin 

Sizing Skills

Skills ini merupakan kemampuan untuk secara optimal menentukan berapa rupiah yang harus ditaruh di setiap saham yang akan dimasuki. Dimana termasuk salah satu bagian terpenting dari money management yang essensial namun sering dilupakan. Hal ini dikarenakan banyak dari kita yang terlalu berkonsentrasi dengan cara-cara mendapatkan keuntungan semaksimun mungkin dan sesingkat mungkin. 

Jika Anda belum dapat menentukan Anda itu siapa ? Anda dapat mencari tau di sini -> Belajar Saham antara Trader vs Investor.. galakan siapa ?

Comments

comments

%d bloggers like this: