Begini 5 Cara Memilih Saham yang Berkualitas

Begini 5 Cara Memilih Saham yang Berkualitas

Beginilah 5 Cara Memilih Saham Yang Berkualitas

SahamPemula.com – Apa saja yang harus diperhatikan dalam berinvestasi saham? Apakah memilih emiten yang bagus? Atau menganalisa saham? Ya, dasar dalam berinvestasi adalah kita tahu bagaimana caranya memilih saham yang berkualitas. Karena kualitas dari saham yang kita pilih sangat mempengaruhi hasil yang akan kita peroleh nantinya. Jadi tidak bisa sembarangan dalam memilih saham. Pastikan Kamu mengetahui bagaimana cara memilih saham yang berkualitas.

Berbicara mengenai cara memilih saham tentu tidak bisa jika kita tidak tahu mengenai dasar tentang investasi saham seperti apa itu saham, jenis-jenis saham dan hal mendasar lainnya yang memberikan kita pengetahuan tentang bagaimana saham. Nah, mengenai cara memilih saham, bagi para pemula tentu sangat perlu ya. karena memilih saham bukan hanya sepeti memilih buah di pasar namun juga memerlukan analisa yang mendalam. Berikut SahamPemula berikan sedikit ulasan mengenai cara memilih saham yang berkualitas.

  • Kondisi emiten

Kamu bisa menentukan suatu saham berkualitas atau tidak berdasarkan emiten atau perusahaan yang mengeluarkannya. Namun juga jangan salah kaprah dalam mengartikan emiten. Belum tentu perusahaan besar pasti menjanjikan saham yang berkualitas. Maka dari itu perlu Kamu memastikan bahwa perusahaan atau emiten tersebut memiliki kapitalisasi atau permodalan yang bagus dan stabil. Jika perlu ketahui juga bagaimana manajemen perusahaan tersebut. Apakah manajemen dilakukan oleh orang baru atau orang-orang yang sudah berpengalaman. Selain itu ketahui berapa banyak saham yang dimiliki oleh pemilik dan pendiri perusahaan. Karena bisa jadi kepemilikan atas saham mencerminkan kondisi saham. Jika pendiri dan orang ‘dalam’ memiliki banyak saham di perusahaan tersebut maka bisa dikatakan perusahaan tersebut aman, begitu juga sebaliknya. Karena sekalipun pemilik perusahaan, mereka tak kan mau beli saham jika kondisi perusahaannya tidak bagus.

DAPATKAN EBOOK BELAJAR SAHAM BAGI PEMULA GRATISS!!
  • Periksa pendapatannya minimal 2 tahun terakhir

Untuk memastikan bahwa emiten memiliki kondisi keuangan dan menjanjikan keuntungan maka perlu juga memeriksa bagaimana pendapatan atau profitnya minimal 2 tahun terakhir. Bagaimana pertumbuhan pendapatannya apakah konsisten dan stabil atau malah fluktuatif. Hal ini perlu juga diketahui oleh para pemula dalam investasi saham.

  • Laporan Keuangan

Kamu bisa melihat dan menilai kualitas saham dengan melihat laporan keuangan perusahaan. Kamu bisa mengetahui bagaimana asset dan liability perusahaan secara menyeluruh. Bandingkan antara total aset dengan total liability atau kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan. Biasanya dalam laporan keuangan akan tercatat keterangan atas laporan keuangan yang disajikan jadi Kamu tidak perlu bingung.

  • Riwayat Harga Saham

Nah, jika Kamu sudah menganalisa dan mengamati beberapa pont sebelumnya maka Kamu juga perlu melihat bagaimana histori dari harga saham tersebut. bagaimanakah harga saham sebelumnya di pasar saham? Apakah pergerakannya cenderung stabil atau naik turun. Dari riyawat harga saham juga berpengaruh terhadap proyeksi keuntungan atau profit yang didapat.

  • Ekspektasi

Penilaian atas saham juga bisa didasarkan pada ekspektasi. Ekspektasi yang dimaksud adalah estimasi ke depannya mengenai profit dimasa yang akan datang. Kamu dapat mengetahuinya dengan mencari informasi seperti kerjasama perusahaan, operasional perusahaan hingga produk-produk baru oleh perusahaan.

  • Risiko

Terakhir, selain Kamu mempertimbangkan mengenai keuntungan Kamu juga perlu melihat resiko yang bisa saja terjadi. Jangan hanya resiko tentang profitnya namun juga tentang kondisi dari perusahaan itu sendiri. Namun memang, resiko-resiko tersebut tetap saja berpengaruh pada profit yang akan Kamu dapat.

Itulah 5 cara memilih saham yang berkualitas. Kamu perlu pertimbangkan dengan cara menganalisa segala aspek sebelum berinvestasi saham. Jika ingin lebih paham Kamu bisa menghubungi SahamPemula dan belajar tentang bagaimana memilih saham yang berkualitas atau tinggalkan komen dibawah 🙂

Salam Trading & Investing

Comments

comments

%d bloggers like this: