Bagaimana Cara Bermain Saham bagi Pemula?

Bagaimana Cara Bermain Saham bagi Pemula?

SahamPemula.com – Artikel ini sangat cocok buat kamu yang memang belum tahu banyak tentang saham dab cara bermain saham. Kali ini sahampemula.com akan membahas mengenai Bagaimana Cara Bermain Saham bagi Pemula agar kita lebih tahu dan paham mengenai investasi saham dan menjadikannya sebagai bisnis saham.

Banyak masyarakat awam yang belum berminat berinvestasi saham dikarenakan kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang mekanisme dan potensi keuntungan melakukan investasi saham.

Banyak pertanyaan yang belum paham mengenai investasi saham seperti bagaimana cara membeli saham, bagaimana keuntungan disaham, bagaimana menghindari kerugian saham, dan lain-lain.

Apa saja yang harus dilakukan oleh kita jika ingin melakukan investasi saham.

  • Siapkan Dana Investasi

Untuk dapat berinvestasi tentu saja kita harus punya modal atau dana awal. Upayakan dana yang akan kamu gunakan sebagai modal investasi saham merupakan dana pribadi yang benar-benar milik kamu dalam artian bukan dana pinjaman. Untuk dapat berinvestasi saham kita harus menyiapkan dana minimal 500rb rupiah untuk dapat membuka rekening saham

  • Membuka Rekening Efek

Setelah menyiapkan modal selanjutnya adalah membuka rekening efek terlebih dahulu. Kamu harus mencari  perusahaan efek atau perusahaan sekuritas. Setelah menguhubungi perusahaan sekuritas biasanya kamu akan diminta untuk mengisi form dan memberikan data diri agar bisa membuka rekening efek. Jika sudah memiliki rekening, kamu bisa bertransaksi saham melalui smartphone karena saat ini transaksi saham dapat dilakukan online dengan bukti penyertaan elektronik dan bukan lagi berupa kertas surat berharga penyertaan saham.

 

  • Memilih Saham

Nah, mungkin pada tahap ini investor akan mulai bungung karena ada banyak pilihan saham dan belum tau harus memilih saham mana untuk diinvestasikan.

Kebanyakan yang belum terlalu mengerti akan investasi saham ini maka terkadang warna yang ada disaham menjadi patokan. Padahal itu belum tentu sesuai dan terus menerus. Artinya jika menit ini saham berwarna merah namun belum tentu sepuluh menit yang akan datang akan merah terus. Bisa jadi setelah itu berubah menjadi hijau. Nah, dari sinilah kita bisa mengetahui bahwa bermain investasi saham bukan hanya modal duit saja melainkan juga butuh teknik yaitu menggunakan analisis teknikal dan fundamental.

 

Apa itu Analisa Fundamental?

Analisa fundamental adalah belajar mengenai perusahaan. Anda bisa menganalisisnya dengan melihat proses bisnis, laba rugi dan SOP yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Bisa Anda mempelajari analisis fundamental model kuantitatif dan analisis fundamental model kualitatif.

 

Apa itu analisis Teknikal?

Berbeda dengan analisafundamental, analisa teknikal mempelajari pergerakan harga saham yang sedang terjadi. Anda bisa melihat pergerakan grafik saham dengan hitungan jam.

  • Beli Saham

Jika kamu sudah mantap dengan pilihan saham dengan memperhitungkan dan menggunakan analisa fundamental dan teknikal maka selanjutnya kamu bisa langsung beli dengan klik “beli” dari aplikasi online trading tersebut. Nah, karena masih pemula sebaiknya kamu berinvestasi dan menyimpan saham kamu dahulu dalam waktu lama atau jangan langsung bermain jual beli saham jangka pendek (trading).

Sudah dapat gambaran tentang cara bermain saham? Jika kamu yang tertarik berinvestasi saham namun belum paham betul tentang pasar modal dan saham kamu bisa hubungi sahampemula.com.

 

Salam Trading & Investing
Sahampemula.com

Comments

comments

%d bloggers like this: