Bagaimana Cara Berinvestasi Saham Yang Aman Bagi Investor Pemula?

Bagaimana Cara Berinvestasi Saham Yang Aman Bagi Investor Pemula?

SahamPemula.com – Saham merupakan instrumen investasi yang paling memiliki resiko besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya namun tetap menjadi primadona bagi investor-investor di dunia. Di dunia pasar modal, berinvestasi saham memang memiliki karakteristik resiko dan keuntungan (imbal balik) diatas jenis investasi lainnya seperti investasi produk perbankan dan lain sebagainya. Meskipun demikian tentu juga harus diperhitungkan mengenai strategi dalam meminimalisir keuntungan tanpa mengurami keuntungan yang maksimal. Nah, berikut akan SahamPemula.com bahas mengenai cara berinvestasi saham yang aman bagi para investor pemula.

Sebagai investor, sebelum Kamu memutuskan untuk menginvestasikan dana Kamu di pasar modal dan berinvestasi saham, maka hal dasar yang harus Kamu pupuk kuat adalah kemauan untuk terus belajar agar dapat melakukan investasi dengan maksimal. Dengan semakin mudahnya memperoleh informasi di era yang serba modern seperti saat ini, tentu akan semakin mudah belajar tentang investasi saham. Jangan malas memaca informasi saham baik dari buku, internet namun riset yang dilakukan oleh penasihat investasi. Usahakan melakukan investasi dengan produk yang memang Kamu ketahui dan pahami bagaimana karakteristiknya.

Lalu untuk berinvestasi secara aman, apa yang harus diperhatikan oleh investor pemula dalam melakukan investasi saham? Nah, untuk menjawabnya kami akan bahs mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk berinvestasi saham yang aman.

  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu

Jika Kamu merasa bahwa belum menjadi seorang profesional dalam bidang investasi saham maka jangan pernah sungkan untuk meminta atau melakukan konsultasi ke penasihat investasi sebelum berinvestasi. ketahui bagaimana mekanisme melakukan transaksi saham, mendaftar atau menjadi nasabah perusahaan efek, membuka rekening efek dan sebagainya. Pastikan bahwa Kamu sudah mengetahui dengan jelas bagaimana mekanisme dalam berinvestasi saham. Proses melakukan pendaftaran hingga transaksi bisa Kamu baca di artikel sebelumnya di sahampemula.com .

  • Lakukan Monitoring

Sebelum memutuskan membeli saham sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu tentang perusahaan atau emitennya atau melakukan analisa fundamental sederhana terhadap perusahaan atau emiten yang Kamu pilih. lakukan monitoring terhadap berita, isu dan kasus yang terjadi pada emiten tsb. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa emiten merupakan emiten yang memiliki kondisi dan memiliki prospek yang baik.

  • Lakukan Analisa Teknikal

Selain analisa fundamental, lakukan juga analisa teknikan untuk mempelajari saham-saham yang dipilih. Hal ini bertujuan bahwa Kamu mendapatkan harga saham yang terbaik dengan melihat pergerakan harga saham dan grafik saham. Kamu bisa mengetahui harga-harga saham dan memperkirakan harga saham nantinya.

  • kenali Risiko Saham

Seperti yang diketahui bahwa saham adalah instrumen investasi yang juga tinggi resiko. Maka dari itu jangan lupa memperhitungkan resiko-resiko yang terjadi baik internal maupun eksternal. Resiko eksternal contohnya adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi, krisis ekonomi global, kebijakan pemerintah dan sebagainya.

  • Belilah Lebih Dari Satu Saham

Untuk memperkecil resiko maka jangan menginvestasikan dana Kamu seluruhnya pada satu saham. Usahakan beli beberapa jenis saham sehingga dapat membagi resiko. Artinya jika satu saham mengalami kerugian masih ada saham yang lain yang mungkin saja mengalami profit. Jadi, ketika Kamu mengalami kerugian, setidaknya masih ada yang mengganti kerugian tersebut dengan keuntungan yang diperoleh.

Nah, itu dia tips dan cara berinvestasi saham yang aman bagi para investor pemula. Kamu bisa terapkan tips sederhana diatas dan lakukan investasi dengan semaksimal mungkin.

Salam Trading & Investing,

2017, 06Sept SahamPemula.com

Comments

comments

%d bloggers like this: