Apakah Likuiditas Saham Penting?

Apakah Likuiditas Saham Penting?

Artikel ini bukan membahas tentang likuiditas aset atau rasio likuiditas sebuah perusahaan.

Sebelum membahas penting atau tidaknya suatu likuiditas saham alangkah baiknya kita mengetahui apa itu saham likuid.

Likuid sendiri artinya adalah cair , sedangkan saham likuid adalah saham yang mudah di perjual belikan. Semakin likuid sebuah saham, berati pembeli dan penjual yang bertransaksi semakin banyak, dan itu artinya saham itu laku.

Likuiditas dalam saham di tentukan dengan tinggi atau rendahnya volume transaksi harian, volume transaksi ini bisa kamu lihat dari grafik analis teknikal yang berupa diagram batang dari jumlah saham yang di transaksikan.

Dan apakah likuiditas saham penting? Yup,Likuiditas saham menjadi penting jika investor ingin sahamnya menjadi kas dalam  waktu singkat, dan begitupun sebaliknya, Likuiditas tidak akan menjadi begitu penting jika investor menganggap mereka tidak harus sering mengubah saham menjadi kas.

Saham yang tidak likuid biasanya akan nampak pada diagram batang volume transaksi yang rendah dan volumenya tidak setabil, Saham yang tidak likuid biasanya mudah di gerakan oleh “bandar” atau “market maker”.

Saham tidak likuid biasanya peminatnya sangat sedikit dan bahkan tidak ada yang mau membeli jika saham itu ekstrim tidak likuid. Kurangnya likuiditas ini juga bisa berakibat buruk bagi emiten terkait karena pergerakan saham menjadi terbatas.

Likuiditas perdagangan saham sangat berdampak pada trading, saham yang likuid memberikan kesempatan untuk mendapatkan profit yang lebih pasti di bandingkan saham-saham yang tidak likuid. Likuiditas saham sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak terjebak dalam membeli saham.

Nah dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa likuiditas saham penting, karena jika kamu membeli saham yang tidak likuid maka kamu akan susah saat menjualnya nanti. Semoga membantu.

Kamu juga bisa belajar analisa teknikal dengan belajar membaca candlestik melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia maupun order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: