Apa Yang Dimaksud Unusual Market Activity (UMA) ?

Apa Yang Dimaksud Unusual Market Activity (UMA) ?

Hampir setiap hari akan ada pengumuman tentang UMA dari BEI dan untuk mengetahuinya bisa melalui situs resmi bursa yaitu dengan melalui link www.idx.co.id kemudian klik dikanal “Berita”. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) pengertian Unusual Market Activity (UMA) adalah aktifitas perdagangan dan atau pergerakan harga suatu Efek yang tidak biasa pada suatu kurun waktu tertentu di Bursa, dimana menurut penilaian Bursa dapat berpotensi menggangu terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien.

Jika dilihat dari segi aturan UMA berbeda dengan aturan Auto Rejection Atas (ARA) dan Auto Rejection Bawah (ARB). Hal in dikarenakan Bursa Efek tidak mengungkapkan berapa besrnya pesentase pergerakan harga suatu saham hingga dapat dinyatakan UMA. Dengan kata lain, sham mana saja bisa dinyatakan UMA apabila pihak Bursa mengendus adanya indikasi abnormalitas dalam perdagangan sahamnya. Namun demikian Bursa Efek menegaskan berulang kali dalam berbagai kesempatan bahwa “Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal”.

Baca juga ->>Apa Itu ARA dan ARB?..

Dampak UMA Bagi Investor Saham

Jika dilihat sepintas, status UMA tidak secara otomatis mengakibatkan suatu saham disuspensi perdagangannya oleh Bursa Efek, jika pada sesi perdagangan berikutnya, pergerakan harga sudah kembali normal. Namun, dalam pengumuman-pengumumannya terkait saham yang UMA, bursa biasanya meminta agar investor melakukan empat hal:

  • Memperhatikan jawaban emiten atas permintaan konfirmasi Bursa.

  • Mencermati kinerja emiten dan keterbukaan informasinya.

  • Mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan, bila rencana itu belum mendapat persetujuan RUPS.

  • Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Satu hal yang perlu Anda ketahui: Meskipun saham yang dinyatakan UMA belum tentu disuspensi, tetapi biasanya Bursa Efek mengenakan UMA terlebih dahulu pada saham-saham yang akan disuspensi. Jadi, begitu Anda mendengar adanya kabar emiten favorit Anda dinyatakan UMA, maka langsung periksa kembali kabar-kabar mengenai perusahaannya. Boleh jadi kinerja masih baik dan UMA akan dicabut dalam waktu dekat akan tetapi ada pula kemungkinan yang cukup besar kalau kinerjanya bermasalah baru-baru ini.

Pada intinya, UMA diumumkan oleh bursa untuk meningkatkan awareness (kesadaran) investor agar selalu menganalisis semua informasi yang tersedia. Itu penting supaya tidak salah dalam bertransaksi atau memilih saham.

Infrastruktur dan pengawasan di BEI semakin hari memang semakin canggih. Dengan begitu kepentingan investor bisa terus terakomodir. Tapi namanya juga market yang dinamis, waspada tetap harus dilakukan karena potensi pelanggaran, secanggih apapun petugas keamanannya, tetap saja ada.

Pada intinya, UMA diumumkan oleh Bursa yaitu dengan tujuan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) investor agar selalu menganalisis semua informasi yang tersedia. Hal itu penting untuk dilakukan agar tidak salah dalam bertransaksi atau memilih saham.

Di BEI semakin hari infrastruktur dan pengawasan memang semakin canggih. Dengan begitu kepentingan investor bisa terus menerus terakomodir. Tapi namanya juga market yang dianamis, waspada tetap harus dilakukan karena potensi pelanggaran, secanggih apapun petugas kemanannya, tetap saja ada pelanggarannya.

Comments

comments

%d bloggers like this: