Apa itu Stock Split & Apa Pengaruhnya Terhadap Pergerakan Harga Saham?

Apa itu Stock Split & Apa Pengaruhnya Terhadap Pergerakan Harga Saham?

SahamPemula.com akan membahas mengenai Apa itu Stock Split dan Apa Pengaruhnya terhadap Pergerakan Harga Saham.

Stock Split adalah pemecahan jumlah dan harga saham, stock split biasanya dilakukan oleh emiten jika harga saham yang beredar dibursa harganya cukup “mahal” sehingga likuditas pergerakan sahamnya sedikit. Stock Split merupakan kebalikan dari Reverse Stock.

Tujuan suatu emiten melakukan stock split biasanya agar harga saham-nya menjadi murah sehingga lebih menarik bagi para investor baik investor besar maupun investor retail. Selain itu dengan melakukan stock split jumlah saham yang beredar di Bursa Efek Indonesia juga menjadi lebih banyak.

Apa Pengaruh Stock Split terhadap Pergerakan Harga Saham?

Dengan melakukan stock split, harga suatu saham akan menjadi murah sehingga kemungkinan harga naik menjadi lebih dominan. Tentu saja ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi para investor saham untuk membeli saham yang sudah stock split.

Investor yang memegang saham yang melakukan stock split juga cenderung “diuntungkan” karena apabila harga saham bergerak naik maka kenaikan dari segi % tentu menjadi lebih besar dibanding jika saham masih bergerak pada harga yg lama.

Stock Split hampir sama dengan menukar uang pecahan besar menjadi pecahan yang lebih kecil.

Misalkan :

Investor  X memiliki 1 lot saham ABCD yang harganya 5.000 / Lembar Saham. Kemudian saham ABCD tersebut melakukan Stock Split 1 : 5 (1 saham lama : 5 saham baru).

Maka Investor X yang tadinya hanya memiliki 1 lot saham ABCD setelah stocksplit menjadi memiliki 5 lot saham ABCD. Namun, Investor X tidak semerta-merta menjadi untung banyak karena harga saham ABCD pun akan dipecah yang tadinya 5.000 / Lembar Saham menjadi 1.000 / Lembar Saham. Namun dari pergerakan harga tentu saja menjadi memberikan ruang lebih kepada saham ABCD tersebut untuk naik dr harga 1.000 ke 5.000 atau lebih

Dalam pencatatan portofolio Investor X akan tetap sama :

Semula : 1 lot x 5.000

Menjadi :  5 lot x 1.000

Demikian pembahasan SahamPemula.com mengenai Stock Split. Silakan share jika dirasa bermanfaat 🙂

Salam Trading & Investing

SahamPemula.com (2017/09/08)

Comments

comments

%d bloggers like this: