Apa Itu Right Issue?..

Apa Itu Right Issue?..

Right issue atau HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu) merupakan hak bagi pemegang saham untuk membeli saham baru pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan right issue sendiri adalah untuk mendapatkan pendanaan dengan penerbitan saham baru, atau bisa juga untuk meningkatkan porsi kepemilikan pemegang saham. Dan manfaat right issue sendiri bagi perusahaan adalah perusasahaan dapat menggunakan dana tersebut sebagai sumber modal usaha baru selain pinjaman dari bank.

Right issue bisa di lakukan jika telah mendapat persetujuan dari rapat umum pemegang saham, dan harus menawarkan saham barunya tersebut terlebih dahulu kepada pemilik saham lama sesuai dengan proporsi kepemilikannya.

Biasanya harga right issue lebih rendah dari harga pasar, namun sebenarnya harga per saham dari total saham milik investor tidak menjadi serendah harga right issue.pemilik saham harus menyesuiakan harga saham yang lama dengan harga saham yang baru, dan kemudian di bagi dengan jumlah total saham.

Right issue akan di tawarkan kepada investor yang tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada waktu yang sudah di tentukan, artinya investor yang membeli saham pada waktu tersebut memiliki hak untuk membeli saham (cum right), sedangkan investor yang membeli saham di luar waktu itu tidak memiliki hak untuk membeli saham (ex-right).

Manfaat jika kita memiliki bukti right adalah kita bisa membeli saham baru dengan harga murah, bukti right sendiri merupakan hak memesan efek terlebih dahulu pada harga yang telah ditetapkan selama periode tertentu. Lalu bagaimana jika investor tidak menggunakan haknya? Jika investor tidak menggunakan haknya maka kepemilikan sahamnya akan terdilusi.

Nah itulah pengertian tentang right issue. Buat kalian yang tertarik belajar candlestick bisa loh belajar melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kalian dapatkan di tokopedia, atau yang mau order via Whatsapp juga bisa loh.

Comments

comments

%d bloggers like this: