Apa Itu Pasar Modal?..

Apa Itu Pasar Modal?..

Pasar modal merupakan pasar untuk bebagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat di perjualbelikan, mulai dari saham (ekutiti), obligasi (surat utang), reksadana, maupun instrumen lainya.

Sama seperti pasar pada umumnya, pasar modal juga merupakan tempat atau wadah bertemunya para penjual dan pembeli, namun bedanya jika pasar biasa di gunakan untuk jual beli dalam bentuk komoditi baik barang maupun jasa, dan harganya biasanya di tentukan oleh permintaan dan penawaran. Sedangkan pasar modal merupakan pasar makro yang bertujuan untuk memperjual belikan aset-aset keuangan, dan harganya biasanya di tentukan oleh tingkat perekonomian dan nilai produk domestik bruto.

Kegiatan pasar modal pun harus di lakukan di bursa dimana para pialang berkumpul mewakili investor. Pasar modal Indonesia sendiri mulai booming pada tahun 1989 hingga tahun 1991, saat itu banyak perusahaan yang go public serta meningkatnya emiten yang berusaha memasarkan sahamnya di bursa. adapun manfaat pasar modal untuk dunia investasi diantaranya sbg :

  • Sumber Pendapatan Negara Melalui Pajak.
  • Sarana Untuk Menghimpun Dana Dari Masyarakat Oleh Negara Dan Perusahaan Melalui Penerbitan Obligasi Dan Penjualan Saham.
  • Pendorong Perkembangan Dunia Investasi
  • Indikator Perekonomian Negara

Nah itulah pengertian tentang pasar modal, semoga bisa menambah ilmu kalian dalam dunia investasi. Buat kamu yang lagi belajar tentang bisnis saham wajib banget loh baca buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: