Apa Itu Neraca Keuangan (Balance Sheet)??..

Apa Itu Neraca Keuangan (Balance Sheet)??..

Tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia akutansi dengan yang namanya Neraca, yup Neraca Keuangan atau kalau dalam bahasa inggris Balance Sheet merupakan suatu laporan keuangan suatu entititas yang di hasilkan pada suatu periode.

Neraca sendiri terdiri dari 3 bagian yaitu :

1. Aset

Aset atau aktiva merupakan sumber ekonomi yang di miliki perusahaan dan di harapkan memberikan maafaat usaha di kemudian hari. aset di kelompokan menjadi dua, Aset Tidak Lancar (long term asset) yaitu aset jangka panjang  , dan Aset Lancar (current asset) yaitu aset jangka pendek.

2. Liabilitas

Liabilitas atau liability merupakan hutang yang harus di lunasi atau pelayanan yang harus di lakukan pada waktu mendatang. liabilitas di bagi menjadi 2 yaitu, 

  • Liabilitas jangka panjang merupakan pinjaman yang waktu penyelesaian melunasinya dalam jangka waktu yang panjang, biasanya lebih dari 1 tahun
  • Liabilitas jangka pendek merupakan pinjaman yang harus di lunasi dalam jangka waktu pendek, biasanya kurang dari 1 tahun.

3. Ekuitas

Ekuitas atau equity adalah hak residensual atas aset perusahaan setelah di kurangi semua liabilitas. Laba rugi usaha akan mempengaruhi langsung kepada modal pemilik.

Adapun manfaat Neraca Keuangan adalah sbg :

  • Sebagai alat untuk menganalisis perubahan kondisi keuangan secara periodik dari tahun ke tahun, secara historikal atau futuristik
  • Untuk menganalisa likuiditas suatu bisnis
  • Untuk menganalisa solvabilitas bisnis

Jadi neraca keuntungan sangatlah penting bagi sebuah bisnis untuk mengetahui laporan keuangan. Buat kamu yang pengen bisa membaca candlestick bisa loh belajar melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia maupun order langsung via whatsapp.

Comments

comments

%d bloggers like this: