Apa Itu Margin Trading Saham?

Apa Itu Margin Trading Saham?

Margin Trading adalah fasilitas yang di berikan oleh perusahaan sekuritas bagi nasabahnya untuk membeli saham beberapa kali lipat melebihi jumlah dana yang tersedia, dengan cara meminjam dana ke perusahaan sekuritas.

Ilustrasi mudahnya begini, kamu mepunyai dana sebesar 50jt, dan kamu ingin membeli saham yang jumlahnya mencapai 100jt, otomatis dana kamu kurang dong, nah kamu bisa tuh menggunakan margin trading yang di sediakan di sekuritas kamu, kamu bisa berbelanja hingga 200-300jt dengan margin trading, tergantung besaran limit margin yang di sediakan oleh perusahaan sekuritas kamu.

Namun perlu kamu tau, jika tidak semua saham bisa di transaksikan secara margin, hanya saham-saham pilihan yang memenuhi syarat, salah satu syaratnya adalah saham yang memiliki fundamental bagus. Dan hanya BEI yang dapat mengeluarkan data saham apa yang bisa di beli mengunakan fasilitas margin.

Pada saat jatuh tempo, hutang margin harus di bayar sesuai aturan yang berlaku, jika tidak di bayar maka akan dikenakan bunga, dan bila seorang trader tidak bisa membayar maka saham akan di jual secara paksa.

Fasilitas margin ini hanya bisa di dapatkan jika seorang trader mengajukan permintaan margin ke sekuritas, dan jika sekuritas menyetujui pengajuan margin baru seorang trader mendapatkan fasilitas tersebut.

Fasilitas margin ini sangat membantu bagi trader, namun sebelum menggunakannya disarankan untuk mempelajari dahulu bagaimana cara memanfaatkan fasilitas margin ini.

Nah itulah pengertian tentang margin, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang dunia saham ya. Kamu juga bisa belajar membaca candlestick melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung melalui whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: