Apa Itu IPO? Bagaimana Mekanismenya? Cek Disini!!

Apa Itu IPO? Bagaimana Mekanismenya? Cek Disini!!

Beberapa waktu yang lalu, Pasar Modal Indonesia diramaikan oleh aksi korporasi dari beberapa perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) Saham atau aksi Penawaran Umum Saham Perdana. Dimana yang awalnya merupakan perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka. Lalu apakah IPO itu?  

IPO adalah penjualan pertama saham umum sebuah perusahaan kepada investor umum/publik. Sebelum dapat mencatatkan dan memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), calon emiten harus melalui serangkaian tahapan proses pra-IPO terlebih dahulu. Tahapan ini dimulai dari penunjukan penjamin pelaksana emisi efek (Lead Underwriter) dan Profesi serta Lembaga Penunjang Pasar Modal, yang terdiri dari Akuntan Publik, Konsultan Hukum, Notaris, Kantor Jasa Penilai Publik dan Biro Administrasi Efek (BAE).  Calon emiten dengan dibantu oleh Lead Underwriter dan Profesi Penunjang Pasar Modal mempersiapkan seluruh dokumen-dokumen yang diperlukan untuk disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ,BEI dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).


Setelah Pernyataan Pendaftaran perusahaan telah dinyatakan pra-efektif oleh OJK, langkah selanjutnya adalah melakukan penawaran awal saham kepada publik atau dikenal dengan istilah Book Building. Langkah ini diiringi dengan penerbitan Prospektus Awal yang berisikan keterbukaan informasi terkait calon emiten, baik dari struktur perusahaan, lingkup usaha, dan laporan keuangan. Bagi calon investor yang tertarik untuk memiliki saham tersebut dapat memesan pada Masa Penawaran Awal ini, dengan cara melakukan pemesanan kepada perusahaan sekuritas yang menjadi Lead Underwriter atau kepada perusahaan sekuritas yang menjadi Penjamin Emisi Efek (sindikasi). Pemesanan saham tersebut diikuti dengan menyetorkan sejumlah dana sebagai jaminan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh Penjamin Emisi Efek.

Setelah proses Book Building selesai dan Pernyataan Pendaftaran dinyatakan Efektif oleh OJK, maka calon emiten akan melakukan Penawaran Umum kepada publik atau dikenal dengan istilah Pooling. Biasanya calon investor dapat langsung melakukan pemesanan melalui BAE atau bisa melalui Phillip Sekuritas Indonesia apabila menjadi Penjamin Emisi Efek. Pemesanan saham tersebut diikuti dengan menyetorkan sejumlah dana sesuai jumlah yang dipesan pada Rekening Dana Investor.

Lalu apakah kita akan mendapatkan seluruh saham yang kita pesan? Nah ini yang menarik, tidak semua pesanan akan dipenuhi. Hal ini disebabkan karena jumlah pemesanan yang masuk “biasanya” melampaui jumlah saham yang ditawarkan, maka terjadilah over subscribe atau kelebihan permintaan. Oleh karena itu, maka Lead Underwriter akan melakukan penjatahan atas pemesanan yang masuk, agar seluruh pihak yang memesan mendapatkan bagiannya sesuai dengan porsi pemesanan. Akan tetapi, calon investor bisa juga tidak mendapatkan sama sekali saham yang dipesan, dikarenakan calon emiten tersebut tidak membuka sindikasi. Hal inilah yang harus dipahami dan dimaklumi oleh calon investor.

Setelah penjatahan selesai, sisa dana akan dikembalikan kepada masing-masing pemesan. Setelah proses penjatahan dan pengembalian dana selesai, saham tersebut mulai dicatatkan dan diperdagangkan di BEI. Sejak saat itu saham tersebut sudah dapat diperdagangkan seperti saham-saham pada umumnya dan kita dapat melakukan transaksi jual-beli melalui sekuritas.

Bagi Anda yang tertarik melakukan pemesanan pada masa penawaran umum, dapat dilakukan melalui https://www.poems.co.id/Support/IPO. Klik pada nama perusahaan yang Anda inginkan, lalu download dan isi form penawaran. Jika semua data dan tanda tangan yang dibutuhkan sudah lengkap, dapat di email ke phillippalem@yahoo.com atau dikirim langsung ke kantor pusat PT Phillip Sekuritas Indonesia.

sumber artikel>> http://www.poems.co.id

Buat kamu yang ingin belajar tentang candlestick bisa loh belajar melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia atau order langsung via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: