Apa Itu Gaps Saham?

Apa Itu Gaps Saham?

Banyak yang masih sangat asing dengan kata yang satu ini, yup Gaps,, yang kita maksud di sini bukan google applikasi yah , namun Gaps pada saham, lalu apasih Gaps itu? dan apa fungsinya?.

Gaps adalah istilah yang di gunakan pada analisa teknikal untuk lompatan besar atau celah antara dua bar pada grafik harga dari instrumen keuangan, gaps terkadang bisa terlihat pada time frime permenitnya. Gap ini menunjukan adanya kesenjangan antara harga close dan harga open.

Fungsi dari Gap adalah sebgai support dan resistance, support sendiri merupakan sebuah level dimana penawaran mulai berkurang sedangkan permintaan bertambah sehingga harga akan naik, dan ketika harga melompat ke atas dan membentuk Gap maka itu akan menjadi support untuk pergerakan harga di masa yang akan datang.

Sedankan resistance adalah sebuah level dimana penawaran sudah terlalu banyak dan pemintaan sudah mulai berkurang sehingga harga pasar akan turun, dan ketika harga mengalami penurunan dan membentuk sebuah Gap, maka itu akan menjadi sebuah support untuk pergerakan harga di masa yang akan datang. Dan Gap terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Common Gaps

Common gaps seringkali muncul dan merupakan gap yang terjadi secara normal loncatan harganya yang terjadi tidak terlalu besar dari harga sebelumnya.

  • Breakaway Gaps

Breakaway gaps adalah gap yang menandai terbentuknya pola trend baru setelah harga break out dari daerah konsolidasi, volume akan naik dengan luar biasa.

  • Runaway Gaps

Merupakan gap yang terjadi oleh naiknya minat beli atau jual terhadap saham tersebut.

  • Exhaustion Gaps

Adalah gap yang terjadi pada akhir suatu trend dan merupakan sinyal awal suatu pembalikan arah.

Jadi sekarang sudah tau kan apa itu Gaps. Kamu juga bisa belajar tentang analisa teknikal melalui buku The Stock Market Secret Profit by Santo Vibby yang bisa kamu dapatkan di tokopedia,
atau order langsung via whatsapp kami.

Comments

comments

%d bloggers like this: