Apa Itu Dow Teori Dan Hubungannya Dengan Saham

Apa Itu Dow Teori Dan Hubungannya Dengan Saham

Teori  Dow (Dow Theory) merupakan konsep dasar analisa teknikal pertama dan tertua, serta merupakan inti utama dalam menganalisa teknikal dan bagaimana menentukan pola-pola trend utama nilai harga yang terjadi dalam suatu bursa saham.

Analisa Teknikal sendiri merupakan sebuah metode yang paling dasar dalam investasi dunia saham. Mulai dari melakukan penelitian yang mendasar tentang nilai harga, (nilai harga tertinggi/terendah, nilai harga pembukaan dan nilai penutupan) dengan menggunakan grafik atau chart sebagai peta utama untuk menentukan langkah selanjutnya.

Pencetus pertama  Dow Teori dalah Charles H Dow dan di publikasikan di 255 wall street journal , Charles Dow sendiri adalah seorang wartawan sekaligus editor dari Wall Street Journal.

Dan tentu saja teori Dow ini sangat penting bagi dunia persahaman, karna jika kita tidak mengunakan teori dow ini sudah di pastikan kita tidak dapat mengetahui perubahan naik turunnya suatu saham, dan tentu saja  kita tidak tau langkah apa yang selanjutnya harus kita ambil. Dan inilah beberapa rumusan Dow Theory.

Pergerakan Harga Telah Mencerminkan Segalanya

prinsip dasar :

  1. Semua informasi dari masalalu, masa kini bahkan masa depan, telah tercermin dalam pasar dalam bentuk pergerakan nilai harga dari saham maupun indeks.
  2. informasi-informasi tersebut telah mencakup emosi , ekspektasi dari para investor terhadap indikator ekonomi seperti : inflasi, tingkat suku bunga, bahkan mungkin laporan keuangan yang akan diumumkan oleh perusahaan emiten.
  3. berdasarkan prinsip dasar ini yang tidak termasuk dalam refleksi harga adalah cerminan akan terjadinya suatu hal yang “tidak  diketahui” seperti bencana alam, Gempa bumi, NAMUN secara tidak langsung resiko akan kejadian seperti itu sudah terefleksi ke dalam pergerakan nilai harga.
  4. Dow Theory, layaknya konsep dasar pada analisa teknikal meskipun mempunyai fokus pada pergerakan nilai harga, dan trend dari suatu indeks.

Market Selalu Bergerak Dalam Trend Utama

  1. Pergerakan harga CENDERUNG bergerak dalam suatu arah UTAMA ataupun TREND 
  2. Meskipun pasar bergerak rally naik kemudian terjadi koreksi untuk turun, pasar tetap bergerak dalam satu arah 
  3. Dow Theory mempunyai 3 arah trend dalam market : Primary/Major, Secondary/Medium, dan Minor.

Market Selalu Terbentuk Dalam 3 Arah Utama

  1. PRIMARY TREND merupakan Trend utama yang terbentuk dalam trend jangka panjang (1 tahun sampai beberapa tahun).
  2. SECONDARY TREND merupakan trend menengah dan dapat bergerak berlawanan dengan trend utama ( 3 minggu-3 bulan).
  3. MINOR TREND merupakan trend minor yang terbentuk dalam trend jangka pendek  dan biasanya juga bergerak berlawanan dengan trend menengah (1-3 minggu). 

Sebuah Trend Akan  Mempertahankan Trend Utamanya Hingga Trend Tersebut Berahir

  1. PRIMARY TREND merupakan trend utama yang paling penting dan harus di tentukan terlebih dahulu arahnya,
  2. PRIMARY TREND akan mencakupi  SECONDARY dan MINOR TREND yang biasanya di kenal dengan istilah Trend di dalam trend.
  3. Dalam Dow Theory, PRIMARY TREND biasanya terjadi dalam jangka waktu 1 hingga 3 tahun, dan dapat bervariasi dalam pembentukanya, NAMUN tanpa memperdulikan panjangnya, TREND UTAMA bergerak dalam 1 arah hingga terjadi suatu konvirmasi revesal.

Kalian juga dapat belajar tentang Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental melalui buku Jual Saham Anda Lebih Mahal by Santo Vibby.

kalian juga bisa order lebih mudah via whatsapp dengan klik tombol di bawah ini.

Comments

comments

%d bloggers like this: